PKB Serahkan SK Dukungan untuk 12 Cakada di Pilkada serentak 2024 Kalbar, Pilgub Belum Diputuskan

23 Agustus 2024 10:33 WIB
Ketua DPW PKB Kalbar, Mulyadi Tawik menyerahkan SK rekomendasi kepada calon kepala daerah Pilkada Sambas. Adapun yang diusung PKB yaitu pasangan Satono-Hero. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB menargetkan menyapu bersih kemenangan di Pilkad serentak Kalbar 2024. 

Namun, untuk pemilihan gubernur Kalimantan Barat, PKB belum menetapkan, pasangan figur yang mau diusung. 

Ketua DPW PKB Kalbar, Mulyadi Tawik berkelakar, ia pernah minta dimimpikan siapa sosok yang tepat untuk diusung PKB memimpin Kalbar ke depan.

 "Tapi belum juga diberi mimpi," kata Mulyadi sambil tertawa di hadapan para kiyai dan pasangan bakal calon kepala daerah, Kamis (22/8/2024). 

Karena itu, Mulyadi memohon menunggu masukkan para kiyai untuk menentukan siapa yang nantinya akan diusung. 

"Masukkan para kiyai akan kami rangkum untuk sebagai acuan memutuskan. Penentuan gubernur dan wakil gubernur perlu hati-hati karena se-Kalbar," ungkapnya. 

PKB sendiri punya lima kursi di DPRD Kalbar. Sehingga cukup berkoalisi denahn satu partai saja untuk mengusung pasangan calon Gubernur. 

Mulyadi menyampaikan, paling lama tanggal 27 Agustus, PKB akan mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung. 

Sementara itu, untuk Pilkada 2024, PKB sudah memutuskan mengusung 12 kepala daerah di kabupaten dan kota dengan menyerahkan SK B1-KWK. Sementara dua Kabupaten yang belum adalah Sekadau dan Mempawah.

Adapun 12 kepala daerah yang diusung PKB adalah , Kota Pontianak mengusung duet Mulyadi-Harti Hartidjah. 

Selain itu, di Sintang PKB mengusung duet Herkulanus Bala-Florensius Roni sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. 

 

Sementara di Sambas, PKB mengusung duet Satono-Hero, di Bengkayang, PKB mengusung duet Sebastianus Darwis-Samsul Rizal, lalu Sanggau mengusung duet Yohanes Ontot-Sasana Harpena, di Landak, petahana Karolin-Erani yang diusung PKB. 

Sementara di Kubu Raya, Rosalina Muda-Marijan diusung menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati. Sedang di Ketapang incumbent, Farhan-Leo diusung, di Kapuas Hulu mengusung duet Fransiskus Diaan-Sukardi, Kayong Utara mengusung duet Effendy Ahmad-Sartono. 

Di Kota Singkawang mengusung duet Abdul Mutholib-Irwan dan Melawi mengusung duet perahan Dadi Sunarya-Malin. 

"Dari 12 Kabupaten ada tiga kader PKB yang diusung," ungkapnya. 

Mulyadi mengatakan, alasan memilih figur tersebut karena ada kesamaan visi dan misi dalam membangun Kalbar. Dengan dukungan PKB, maka seluruh kader akan all out memenangkan pasalon yang diusung.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar