Pasangan YO-SH Berjanji Turunkan Angka Pengangguran Dengan Program Bisnis Online

29 Agustus 2024 07:41 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Pasangan YO-SH bersama para ketua partai Koalisi Sanggau Bersatu saat sesi konferensi pers di KPU Sanggau pada 28/8/2024.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Pasangan Yohanes Ontot dan Susana Herpena atau disingkat YO-SH berjanji akan menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Sanggau jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2029 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sanggau tahun 2024.

Telah diketahui, pasangan Yohanes Ontot dan Susana Herpena (YO-SH) resmi mendaftarkan diri menjadi calon bupati dan wakil bupati Sanggau pada Pilkada Sanggau tahun 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (28/8/2024) sore. Berkas persyaratan keduanya dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU.

Pada sesi konferensi pers usai pendaftaran, pasangan YO-SH menjelaskan visi dan misi di depan awak media. Pasangan YO-SH berkomitmen bakal melanjutkan pembangunan di Kabupaten Sanggau yang telah dijalankan Bupati periode sebelumnya yaitu Paulus Hadi.

"Kami melanjutkan Sanggau maju, berkelanjutan dan berkeadilan," kata Yohanes Ontot di hadapan awak media pada Rabu (28/8/2024) sore di Kantor KPU Sanggau.

Selain itu, pasangan YO-SH juga berjanji akan menurunkan presentase pengangguran di Kabupaten Sanggau. Sasaran utamanya, generasi z dan generasi milenial.

"Jadi kita ada program namanya, program unggulan kita tuh marketing digital atau bisnis online. Nah ini dalam rangka kita, bagaimana kita membantu menurunkan persentase pengangguran yang ada di Sanggau ini," kata Yohanes Ontot berjanji.

Menurutnya, pada program itu, generasi muda akan dilatih untuk menguasi bisnis di dunia digital, saat ini memang peluangnya sangat besar. Dengan menguasai bisnis di dunia digital, kata Ontot anak-anak muda Sanggau nantinya bisa mandiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri.

"Bagi kaum-kaum gen-z ini, kaum milenial ini, tidak lagi dia berebut untuk menjadi ASN atau bekerja di korporasi atau perusahaan," ujarnya.

Kemudian, Ia meyakini dengan program yang ditawarkan ditambah dengan pendekatan humanis pasangan YO-SH dapat meraih simpati dari kaum muda Kabupaten Sanggau.

"Kita kan akan merangkul mereka untuk bagaimana mereka nanti bisa ikut kita gitu kan," pungkasnya.

Menurunkan angka pengangguran masih jadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kabupaten Sanggau, terutama bagi para bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkontestasi pada Pilkada Sanggau tahun 2024.

Sejak tiga tahun terakhir atau pada tahun 2021, 2022 dan 2023 angka pengangguran di Kabupaten Sanggau terus mengalami peningkatan. 

Angka pengangguran tampak meningkat cukup tinggi pada periode kedua (2019-2024) masa jabatan Bupati Paulus Hadi dan Wakil Bupati Yohanes Ontot.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sanggau, angka pengangguran Kabupaten pada tahun 2021 berada diangka 3,45 persen (8.665 orang). Sedangkan tahun 2022, diangka 3,67 persen (9.907 orang) dan tahun 2023, diangka 3,86 persen(10.372 orang).

Tampaknya, Yohanes Ontot menyadari, selama satu dekade dirinya mendampingi Paulus Hadi sebagai bupati Sanggau, jumlah pengangguran malah tambah banyak dan lapangan pekerjaan semakin berkurang. Itu jadi preseden negatif atau noda hitam pada periode kepemimpinan mereka berdua sebelumnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar