Jumadi Kembali Berpeluang Jadi Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Periode Keempat

14 Maret 2024 21:30 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sanggau mendapatkan suara partai tertinggi.

Otomatis PDIP mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Kabupaten Sanggau.

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau Nomor 550 tentang Penetapan Hasil Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Tahun 2024. PDIP Kabupaten Sanggau sebagai pemenang meraih suara tertinggi sebanyak 58.614 suara. 

Diposisi kedua, ada Partai Golongan Karya (Golkar) dengan jumlah 46.026 suara dan menyusul di posisi ketiga yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 34.343 suara.

Atas perolehan tersebut, tak meleset dari prediksi PDIP tetap menduduki kursi Ketua DPRD Sanggau dan dua Partai lainnya yaitu Golkar dan Gerindra. 

Berbeda dengan periode berjalan saat ini, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) harus rela melepas kursi pimpinan setelah hanya mampu meraih satu kursi.

Jumadi, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Sanggau mengatakan, hasil tersebut tidak jauh dari ekspektasi. 

Dengan yang sebelumnya ditarget sepuluh kursi Anggota DPRD, hanya meleset satu kursi dengan raihan sembilan kursi yang berhasil diamankan.

Dengan demikian, tren positif PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau di tingkat legislatif masih bertahan. Serta, empat kali secara berturut-turut telah menduduki kursi Ketua DPRD Sanggau.

“Dengan raihan suara sekitar lima puluh ribu lebih itu, kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sanggau yang telah memenangkan PDI Perjuangan,” ucap Jumadi, Rabu (13/3/2024).

Melihat hasil perolehan suara, Jumadi, yang juga Ketua DPRD tiga periode tersebut saat ini masih berhasil meraup suara sebanyak 5.699 suara menjadi yang paling tinggi dari seluruh calon lain dari PDIP dan Partai pesaing lainnya. 

Meski demikian, pihaknya tetap menunggu rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang diusulkan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Sanggau.

“Masih ada proses di internal Partai, setelah rekomendasi dari DPP baru akan kita laksanakan,” tutupnya. (Ans)

Leave a comment