Dewan Pontianak Firdauz Zar’in Nilai Pelaksanaan PPDB Berjalan Lancar

11 Juli 2024 12:08 WIB
Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar'in. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar'in melihat pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau PPDB SD dam SMP  di Kota Pontianak berjalan baik.

Menurutnya, pelaksanaan PPDB tahun ini terlaksana lancar dan relatif tak menyisahkan polemik seperti tahun-tahun lalu, tak lepas karena pelibatan Ombudsman dalam pengawasan.

"Ini salah satu karena ada kontrol dari Ombudsman sehingga bisa sama-sama diawasi," kata Firdaus Zar'in, Rabu (10/7/2024).

Menurutnya walau ada beberapa orang tua yang komplain karena anaknya tak lulus memilih sekolah tertentu, akibat zonasi, namun persoalan itu masih dapat dijelaskan dan diselesaikan.

Untuk diketahui, pada tahun ini jalur zonasi SMP mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Kuota zonasi yang sebelumnya 50 persen naik menjadi 60 persen.

Sementara, untuk jalur afirmasi ada 20 persen, prestasi 15 persen dan mutasi 5 persen.  Sedangkan untuk SD, kuota jalur zonasi 75 persen, afirmasi 20 persen, dan mutasi 5 persen.

Sebelumnya, Komisi IV DPRD Kota Pontianak, juga mengelar rapat terkait persiapan PPDB. Rapat pada Mei 2024 dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kota Pontianak, Bebby Nailufa.

Pada pertemuan itu, Bebby sempat meminta Dinas Pendidikan melakukan evaluasi terhadap PPDB. Ia meminta agar pemerintah tidak saklek dalam penentuan kuota dan zonasi.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment