Pemprov Kalbar Harap Lulusan Sarjana Tingkatkan Daya Saing dan Inovasi

9 Oktober 2024 15:09 WIB
Staf Ali Gubernur Kalbar Bidang Sosial dan SDM, Alexander Rombonang. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalbar, mendorong para lulusan dari berbagai kampus tidak hanya berpikir mencari pekerjaan saja.

Namun juga meningkatkan daya saing dan inovasi. Sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Staf Ali Gubernur Kalbar Bidang Sosial dan SDM, Alexander Rombonang, mengaku senang, hari ini ada 800 wisudawan yang lulus dari kampus Universitas Panca Bhakti.

Mereka diharapkan dapat memberi kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Sumber Daya Manusia di Kalbar.

Dia mengingatkan agar para lulusan yang menyandang gelar sarjana hari ini tak berpuas diri. Sebab, wisuda hari ini bukanlah akhir dari proses belajar.

"Karena didunia kerja jauh dari yang kita pikirkan. Banyak hal yang harus terus dipelajari," kata Alexander Rombonang saat memberi sambutan dalam acara wisuda Universitas Panca Bhakti Pontianak, Rabu (9/10/2024).

Ia mencontohkan saat lulus dengan predikat D3. Kala itu, Alexander berpikir sudah cukup pendidikan jenjang tersebut.

Namun, dunia pekerjaan menuntut untuk terus meningkatkan kapasitas diri. Ia mencontohkan, mantan Komisaris Bank Kalbar, Didi Haryono yang usianya sudah tak muda lagi, masih berpikir melanjutkan pendidikan.

"Baliau ini luar biasa, sudah usia pensiun. Tapi semangat menuntut ilmu membuktikan bahwa menuntut ilmu tak memandang usia," katanya.

Karena itu lulusan dari kampus Universitas Panca Bhakti ini diharapkan terus mengembangkan diri. Mereka diharapkan mampu menjawab tantangan zaman.

Dia juga berharap agar para lulusan tak hanya berpikir mencari pekejraan semata. Tapi, harus mampu menciptakan peluang pekerjaan.

"Kalian tidak saatnya mencari lapangan kerja. Tapi kalian juga bagaimana menjadi wirausahawan dengan melihat peluang yang dibutuhkan," tuturnya.

Rektor Universitas Panca Bhakti, Purwanto mengucapkan selamat kepada lulusan Universitas Panca Bhakti yang hari ini di wisuda. Ia berharap, para wisudawan dapat memberi kontribusi bagi pembangunan daerah.

"Hakikatnya saudara mengemban tanggung jawab untuk memastikan sumbangsih sesuai profesi yang saudara geluti," kata Purwanto saat memberi sambutan.

Purwanto bilang, Universitas Panca Bhakti terus memperkuat sumber daya manusia. Tahun ini, UPB menyekolahkan dosen muda sebanyak 28 orang. Mereka akan menyelesaikan program doktoral diberbagai kampus di Indonesia dan Malaysia.

"Ini upaya UPB untuk peningkatan SDM Dan akreditasi kita," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar