SDM Minim Jadi Kendala Desa Sumber Harapan Kelola BUMDes

5 Juli 2024 02:16 WIB
Jurnalis Insidepontianak.com saat mewawancarai Kaur Perencanaan Desa Sumber Harapan terkait program-program desa. (Insidepontianak.com/Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com – Desa Sumber Harapan, di Kabupaten Sambas, belum mampu memaksimalkan peran Badan usaha Milik Desa atau BUMDes yang telah mereka bentuk.

Kendala utamanya karena sumber daya manusia atau SDM yang ada di desa minim. Sehingga manajemennya tidak berjalan dengan baik. Sehingga berdampak pada pengelolaan BUMDes yang tidak maksimal.

Adapun BUMDes Desa Sumber Harapan bernama BUMDes Harapan Sejati. Sudah dibentuk sejak 2021. Mereka menggarap usaha penyediaan bibit ayam. 

Modal awalnya disubsidi menggunakan dana ADD. Namun, sudah tiga tahun berjalan, usaha yang digeluti BUMDes Harapan Sejati belum juga berkembang.

"Kita mengalami kendala yaitu kita belum memahami manajemen BUMDes. SDM kita juga minim. Kita juga belum menjiwai kegiatan BUMDes," ujar kata Suwandi, Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Sumber Harapan, kepada Insidepontianak.com, Rabu (3/7/2024).

Namun, ia memastikan, desa akan terus menyempurnakan BUMDes ini. Perencanaan usaha yang digarap akan dimatangkan lagi. Dengan harapan, bisa berkembang dan memberi kesejahteraan masyarakat desa.

"Jadi kita sedang membenahinya dengan terus belajar dalam pengelolaanya," ujarnya.

Ia pun menegaskan, permodalan BUMDes Harapan Sejati tetap akan diberikan melalui subsidi dana desa, sebagai komitmen dalam membantu menggarap usaha yang akan dikembangkan.

"Jadi ke depan, kita betul-betul akan membuat perencanaan yang baik, dalam mengembangkan usaha yang akan digeluti," katanya.

Desa Sumber Harapan juga secara perlahan akan meningkatkan SDM yang akan terlibat dalam mengelola BUMDes ini.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment