Puskesmas Sambas Sukses Tangani Stunting di 2 Desa

12 Oktober 2024 08:18 WIB
Kepala Puskesmas Sambas, Rosa. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Puskesmas Sambas berhasil mencapai penurunan signifikan angka stunting di Desa Tumuk Manggis dan Desa Tanjung Mekar. 

Kepala Puskesmas Sambas, Rosa mengatakan, ada 10 desa yang berada di bawah naungan Puskesmas Sambas, dan pada tahun 2021 itu tiga desa yang menjadi lokus stunting yakni Desa Sebayan, Desa Lubuk Dagang dan Desa Tumuk Manggis. 

lanjut dia, pada tahun 2022 Desa Tumuk Manggis berhasil keluar dari lokus stunting yang di mana ini merupakan keberhasilan sinegritas Puskesmas, kader kesehatan, dan masyarakat.

"Dengan berjalanannya waktu Tumuk Manggis di tahun 2022 sudah keluar dari Lokus stunting dan kemudian tahun 2022 - 2023 lokus stunting di Desa Lubuk Dagang diganti Desa Tanjung Mekar jadi masih dua Lokus, " jelasnya. 

Selanjutnya pada tahun 2023 kata dia, Desa Tanjung Mekar juga sudah keluar dari lokus stunting, dan saat ini tersisa satu desa yakni Desa Sebayan. 

"Desa sebayan dari tahun 2021 sampai 2023 Masih belum keluar dari Lokus stunting, Puskesmas Sambas memang sudah melakukan secara maksimal penanganan stunting ini dari hulu sampai hilirnya, tapi tidak mudah kita menurunkan angka stunting, " ujarnya. 

Ia mengatakan Puskesmas akan berusaha semaksimal mungkin mengupayakan strategi-strategi untuk penurunan stunting di Desa Sebayan. 

"Alhamdulillah ya, di tahun ini kita lihat bahwa sekarang sudah mulai beranjak teratasi stunting ini," pungkasnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar