Tingkatkan Kualitas SDM Desa Tangani Stunting, DPMPemdes Gelar Peningkatan Kapasitas

22 Agustus 2024 08:09 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Peserta kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dan Kader Pembangunan Manusia dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting di Kabupaten Sanggau tahun 2024 olehDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPemdes) Kabupaten Sanggau, di Aula Mahoni Hotel Meldy Sanggau.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dan Kader Pembangunan Manusia dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting Kabupaten Sanggau tahun 2024 dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPemdes) Kabupaten Sanggau, di Aula Mahoni Hotel Meldy Sanggau. 

Kegiatan itu, diikuti oleh perwakilan kader posyandu dan kader pembangunan manusia tingkat desa/kelurahan se-Kabupaten. 

Pelaksanaan kegiatan selama tiga hari (21-23 Agustus 2024) yang dibagi dalam tiga gelombang.

"Peserta kegiatan gelombang pertama berasal dari tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Kapuas, Kecamatan Mukok dan Kecamatan Parindu," kata Sekretaris DPMPemdes Kabupaten Sanggau, Eddy Santana saat menyampaikan laporan kegiatan.

Eddy sapaan akrabnya, menuturkan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut utamanya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para peserta dalam penanganan stunting yang sesuai standar misi. Sehingga tercipta sumber daya manusia (SDM) yang mempuni dalam mengentaskan stunting di tingkat desa.

"Peserta akan dipandu oleh para narasumber dari DPMPemdes, Dinas Kesehatan Sanggau dan ahli kesehatan, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat KPM Sanggau dan Fisikolog remaja Dinsos P3AKB Sanggau," kata Eddy Santana.

Hadiri membuka kegiatan, Pj. Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman mengatakan stunting ada masalah kesehatan yang serius dan mendesak untuk segera diatasi. Kader posyandu dan kader pembangunan manusia merupakan pelaku kunci atau utama dalam pencegahan dan penanganan stunting di tingkat desa.

"Tidak hanya memberikan layanan kesehatan tetapi juga dalam mendukung berbagai program pemerintah seperti pencegahan dan penanganan stunting di desa," ujarnya.

Karenanya, Suherman berharap para peserta dapat memanfaatkan momentum dalam kegiatan peningkatan kapasitas yang dilaksanakan oleh DPMPemdes untuk menambah pengetahuan dan wawasan terkait isu stunting. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar