Kabupaten Sanggau Miliki 124 BUMDes, Sebagian Besar Belum Berkembang, Ini Hambatannya

20 Oktober 2024 14:12 WIB
Kepala DPMPemdes Kabupaten Sanggau, Alian. (Istimewa)

SANGGAU, insidepontianak.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintah Desa atau DPMPemdes Kabupaten Sanggau mencatat, sampai saat ini terdapat 124 BUMDes.

Dari jumlah itu, baru 8 BUMDes kategori maju. Sementara sisanya, stagnan. Unit bisnisnya tidak berjalan optimal.

Kadis DPMPemdes Kabupaten Sanggau Alian, mengatakan, penyabab sebagian besar BUMDes tak berjalan maksimal, karena menggarap jenis-jenis usaha mikro. Seperti usaha kelontong. Alhasil, perputaran ekonominya lambat.

“Di sisi lain, sebagian besar BUMDes kita perencanaan bisnisnya belum matang dan manajemen yang belum profesional,” ucap  Alian belum lama ini.

Untuk mengatasi persoalan itu, Alian memastikan DPMPemdes Sanggau terus melakukan pendampingan-pendampingan. Terutama dalam penguatan manajemen BUMDes.

Sebab, manajemen menjadi kunci dalam menjalankan usaha. Selain itu, pemerintah desa juga terus didorong menggali potensi ekonomi desa agar bisa dikelola oleh BUMDes.

“Harus ada upaya yang kuat bagi desa untuk menggali potensi ekonomi di wilayah masing-masing. Selain itu, harus ada kemauan yang kuat dari pemerintah desa untuk mengembangkan BUMDes,” ucapnya.

Dan paling penting, desa-desa harus proaktif belajar dengan BUMDes kategori maju bagaiamana membuat perencanaan bisnis agar bisa tumbuh dan berkembang.

“Kami berharap pemerintah desa harus sering berdiskusi dengan desa-desa yang BUMDes-nya maju dan berkembang,” pungkasnya.***


Penulis : Ansar
Editor : -

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar