157 Hasil Riset Siap Digodog di The 2nd International Conference Unisma

25 Desember 2022 10:31 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Universitas Islam Malang atau Unisma menggelar pembukaan konferensi internasional yang bertajuk Multidiciplinary Sciences For Humanity in The Era of Society 5.0, kemarin.

Multidisiplin ilmu itu berkaitan dengan agama, pendidikan, enginering, kesehatan, kebudayaan, ekonomi, sosial, hukum yang dikelompokkan dalam tiga kategori. Yaitu Ilmu Pendidikan Agama, Sosial dan Eksakta.

Melalui konferensi internasional ini, banyak peneliti dari perguruan tinggi Indonesia maupun luar negeri yang turut berkontribusi.

Baca Juga: Keraton Surakarta Minta Pemerintah Turun Tangan Terkait Konflik

Yaitu Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya, Institute Agama Islam Darussalam, Universitas Yarsi, IAI Syarifuddin Kabupaten Lumajang, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Jambi. Keenam perguruan tinggi tersebut menjadi co-host dalam acara konferensi ini.

Tak hanya perguruan tinggi di Indonesia saya, namun Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi mengungkapkan juga adanya utusan dari pihak luar Indonesia.

Negara-negers itu di antaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Australia, Austria, United State Amerika, Filipina, Thailand, Palestina, Saudi Arabia, Sudan, Korea Selatan, Yaman, Timor Leste, hingga Uzbekistan.

Baca Juga: Pastikan Ibadah Natal Aman, Gegana Sterilisasi Lima Gereja di Bantul

“Jadi mereka akan mempresentasikan hasil risetnya masing-masing. Lintas negera ini sebagai ajang pertukaran pengembangan ilmu sesuai dengan kajian masing-masing. Kedepannya akan dilakukan join riset yang akan dijadikan sebagai proseding bertaraf internasional,”kata Prof Maskuri.

Dalam acara ini, terdapat dua agenda pemaparan. Yaitu tahap planneri, dimana mendatangkan tokoh-tokoh besar nasional dan internasional untuk memaparkan ide beserta gagasan besar mereka.

Kemudian dilakukan tahap pararel. Dimana masing-masing peneliti akan melakukan presentasi baik secara individu maupun kelompok.

Baca Juga: Tiga Gol Tanpa Balas, Barito Putera Taklukkan Persita Tangerang

“Acara ini justru mendekatkan ilmuan-ilmuan dunia dengan Unisma. Dengan demikian maka satu sama lain bertukar pendapat. Secara individu juga sharing kepada partner yang ada keilmuannya itu,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Prof Drs H Junaidi, MPd, PhD mengungkapkan bahwa jumlah total hasil riset sebanyak 157 riset.

Naskah itu terbagi menjadi dua kategori yaitu Plannary dan pararel seassion. Sementara untuk pararel seassion Unisma telah mengirimkan kurang lebih 40 hasil riset.

“Memang lebih banyak dari luar negeri untuk kontribusinya. Hasil riset ini dari dosen maupun mahasiswa Unisma,” ucapnya.***

Tags :

Leave a comment