Ketua DPW PKS Kalbar Arif Joni: Lomba Baca Kitab Kuning Bentuk Komitmen PKS terhadap Keilmuan Santri

12 Desember 2022 17:42 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua DPW PKS Kalbar Arif Joni menyatakan, Lomba Baca Kitab Kuning merupakan bentuk komitmen Partai Keadilan Sejahtera (PKS), terhadap keilmuan di kalangan santri.

Lomba Baca Kitab Kuning juga merupakan bentuk PKS merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kata Arif Joni.

Pengumumkan pemenang Lomba Baca Kitab Kuning Tahun 2022 dilakukan saat pembukaan kegiatan Political Update di Ibis Hotel Kota Pontianak, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga: Polisi Ungkap TO Sudah Lima Kali Buang Bayi Hasil Hubungan Gelap

"PKS komitmen secara rutin mengadakan Lomba Baca Kitab Kuning. Alhamdulillah, ada 37 peserta dari berbagai kabupaten di Kalbar yang telah ikut seleksi ini," tutur Arif Joni.

Pemenang juara 1 dengan nilai tertinggi, akan mewakili Kalimantan Barat dalam babak final di Jakarta.

Sebelum nama-nama pemenang diumumkan, Dewan Juri yang terdiri dari KH Alfan Hadi (Ketua Dewan Syariah PKS Kalimantan Barat) dan KH Saifuddin Zuhri (Ketua Komisi Fatwa MUI Kalimantan Barat), mempersilakan salah satu peserta untuk maju dan diuji secara terbuka.

"Hal itu sekaligus sebagai simulasi proses seleksi di hadapan seluruh Pengurus PKS dari 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat," kata Anggota DPRD Kalimantan Barat tersebut.

Proses seleksi diawali dengan pembacaan kitab Fathul Mu'in oleh peserta sesuai halaman yang tercantum di kertas soal. Lalu, Dewan Juri bertanya secara bergantian, terkait isi kandungan kitab dan tata bahasa Arabnya.

Sebagai juara 1 adalah Erick Al Banjarie dari Pesantren Maulana Sulthan Muhammad di Kubu Raya. Urutan kedua, Riduansyah dari Pesantren Mambaul Khairat di Ketapang. Urutan 3, Muhammad Azmi Al Mubarak dari Pesantren Labbaik Litahfizhil Qur'an di Pontianak. Juara Harapan 1 diraih oleh Imam Ghazali M Nur dari Pesantren Al Jihad di Pontianak. Juara Harapan 2, diraih oleh Yazid Nawali dari Pesantren Nurul Alamiyyah di Mempawah.

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Ikuti Sosialisasi GERMAS di Kecamatan Sebawi

Hadiah Utama tingkat nasional Lomba Baca Kita Kuning mendapat hadiah melaksanakan Umrah, senilai Rp 35 juta. Hadiah Lomba Baca Kitab Kuning PKS tingkat Kalbar, juara 1, dapat hadiah Rp 3 juta. Juara 2 Rp 2 juta. Juara 3, Rp 1 juta. Harapan 1 Rp 500 ribu. Harapan 2, Rp 500 ribu.

Juara 1 seleksi Lomba Baca Kitab Kuning Provinsi Kalimantan Barat, akan bertemu dengan juara-juara propinsi lainnya pada 19 Desember 2022. Tahun 2021, utusan PKS Kalbar mendapat juara 2 Nasional.

"Semoga tahun ini prestasi bisa dipertahankan. Syukur kalau menjadi juara 1," kata Ketua DPW PKS Kalbar Arif Joni.***


Penulis : admin
Editor :
Tags :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar