Periksa Gigi Hybrid: FKG UI Sasar Tiga Kota di Indonesia, Salah Satunya di Kota Pontianak

23 November 2022 16:43 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Masyarakat dan Pencegahan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menggelar acara pengabdian masyarakat dengan judul Rongga Mulut Calon Pengantin Sehat (ROMANTIS) secara hybrid yakni luring dan daring.

Acara ini digelar pada Minggu (20/11) lalu secara hybrid dimana kegiatan daring dilakukan serempak di 3 kota sekaligus yaitu Jakarta (KUA kecamatan Tebet), Pontianak (KUA Kecamatan Pontianak Tenggara), dan Manado (bekerjasama dengan dukcapil kota Manado) dan kegiatan luring dilakukan di klinik Teratai PKBI kota Bandung.

Kepala Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, drg. Atik Ramadhani, Ph.D mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para calon pengantin akan pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga: Kuliner Singkawang: Bakso Gepeng Legendaris Pasar Turi, Wajib Dicoba, Dijamin Maknyus!

“Kegiatan ini mengusung tema edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada para calon pengantin karena penting bagi mereka untuk memiliki pengetahuan terkait kesehatan gigi dan mulut yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya saat mempersiapkan kelahiran seorang bayi,” jelas drg. Atik Ramadhani.

drg Atik menjelaskan, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, adalah slogan yang sering di dengar oleh khalayak masyarakat.

Dalam hal menjaga kesehatan gigi terkadang slogan tersebut sering terlupakan. Banyak juga yang belum memahami bahwa kondisi kesehatan gigi dan mulut seorang manusia, terutama ibu hamil yang buruk ternyata dapat berdampak pada kehamilan dan juga perkembangan janin.

“Sehingga meningkatkan kesehatan gigi dan mulut itu sangat penting, salah satu usaha untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya dapat tercapai melalui kegiatan pengabdian masyarakat,” papar drg. Atik Ramadhani.

Sebanyak 100 calon pengantin yang tergabung dari Jakarta, Bandung, Manado, dan Kota Pontianak hadir mengikuti pelatihan yang digelar kali ini.

Masing-masing narasumber akan melakukan pemeriksaan plak secara online, memberikan materi terkait kesehatan gigi dan mulut, serta membagikan oral health starter kit.

Baca Juga: Ladya Cheryl Sabet Aktris Perempuan Terbaik Piala Citra FFI 2022: Iteung di Antara Kopling dan Tong Setan!

Berbagai tips dan trik juga turut diberikan agar para peserta dapat dengan mudah memahami dan mempraktikan cara memelihara kesehatan gigi dan mulutnya. ***

Tags :

Leave a comment