Baru Diresmikan, Kapolda Fadil Imran Harap Gedung K9 Jadi Pusat Penelitian Kesehatan Hewan

2 November 2022 20:50 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran berharap Gedung K9 Unit Satwa yang baru diresmikan mampu menjadi pusat penelitian kesehatan hewan. Menurut dia, perhatian juga harus diberikan kepada satwa.

"Saya ingat pada bulan Desember 2021 datang ke sini. Tidak banyak berpikir rasa kemanusiaan tidak hanya untuk manusia saja, ini saatnya Polda Metro Jaya menunjukkan rasa kemanusiaan kepada sesama makhluk hidup, khususnya satwa," jelas Fadil dalam keterangannya, Rabu (2/11/2022).

Fadil mengungkapkan, pendirian gedung K9 Unit Satwa Polda Metro Jaya turut menggandeng pihak akademisi dan komunitas pecinta satwa. Dia berharap gedung itu bukan hanya sebatas fasilitas semata, melainkan menjadi tempat penelitian bagi perlindungan satwa.

"Saya ingin fasilitas ini tidak hanya menjadi sekadar fasilitas. K9 harus menjadi laboratorium hidup yang tumbuh, menjadi sebuah ekosistem yang berguna untuk lingkungan sekitar," tuturnya.

Baca Juga: Kasus Irjen Teddy Minahasa, Polda Metro Jaya Masih Lengkapi Berkas Perkara

"K9 harus dapat menjadi rumah untuk satwa K9 dan juga rumah bagi masyarakat umum, khususnya pencinta, pemerhati, bahkan perlindungan satwa. Inilah yang dimaksud dengan pelayanan terhadap satwa," sambungnya.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Deni Noviana menyatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dalam mengembangkan penelitian di K9 Unit Satwa Polda Metro Jaya.

"Kami menyambut baik peresmian ini. Kampus siap mendukung aktivitas K9 melalui program penelitian, pengiriman mahasiswa magang, penguatan kapasitas dokter K9 agar selalu update dengan pengetahuan dan ketrampilan baru," terang Deni.

Baca Juga: Terungkap, Suami Pembunuhan Anak dan KDRT Istri di Depok Sempat Konsumsi Narkoba

 

Tags :

Leave a comment