3 Cara Hapus Akun Email Baik Permanen dan Non-Permanen di Iphone dan Android

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Bila Anda menginginkan untuk menonaktifkan surel, ikuti 3 cara hapus akun email secara permanen dan non-permanen di bawah ini dengan benar.

3 cara hapus akun email secara permanen dan non-permanen ini bisa dilakukan pada tiga tempat. Pertama bagi pengguna Android, kemudian dengan ponsel berbasis iOS, dan pada Gmail sendiri.

Lantaran tempatnya berbeda, uraian 3 cara hapus akun email permanen dan non-permanen ini memiliki kategori tersendiri. Maksudnya, tidak dapat disamakan antara satu dengan yang lain.

Email sendiri memang sudah menjadi media pengiriman dokumen penting di zaman sekarang. Tidak heran, banyak individu atau organisasi secara kompak memilikinya untuk memudahkan transfer file.

Bahkan, bagi perorangan akun email bisa dibuat sebanyak mungkin. Asalkan, antar nama satu dengan yang lain tidak memiliki kemiripan.

Hal itu dilakukan, lantaran menyesuaikan kebutuhan. Sebagai contoh salah satu pengguna akan membuat email khusus untuk membuka akun bank.

Pemfokusan diri dengan satu email pada bidang tertentu, menyebabkan notifikasi khusus tidak tumpang tindih. Walaupun begitu, kadang kala akun tersebut seiringnya waktu berjalan hendak dihapusnya.

Untuk mendapatkan trik tersebut, tim Insidepontianak telah memaparkan 3 cara khusus yang dapat membantu Anda menghapus akun email.

Klasifikasi penghapusan akun ini juga bisa ditempuh dengan dua trik yang berbeda. Adakalanya benar-benar yakin menghapus secara permanen, atau hanya menghapusnya sementara saja.

Agar mengetahuinya secara mendalam, berikut 3 cara hapus akun email permanen dan non-permanen yang bisa dilakukan pada Iphone dan Android.

  • Hapus Email di Iphone.

cara pertama dikhususkan bagi pengguna ponsel berbasis sistem iOS, atau biasa dikenal dengan Iphone. Perhatikan langkahnya di bawah ini:

  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Cari menu 'Mail'.
  3. Klik 'Akun'.
  4. Klik salah satu akun yang emailnya hendak dihapus.
  5. Bila hanya ingin mematikan akun iCloud, Anda bisa mematikan akun Email iCloud.
  6. Sebaliknya, bila yang dituju adalah akun email. Pilihlah opsi matikan 'Mail'.
  7. Opsi ketiga yakni menghapus email dari seluruh daftar aplikasi yang menggunakannya. Caranya tinggal pilih 'Hapus Akun'.
  • Hapus Email di Android.

Berbeda dengan cara sebelumnya, Anda yang menggunakan ponsel berbasis Android harus mengikuti langkah berikut:

  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. pilih menu 'Sandi dan Akun'.
  3. Jika tidak berhasil ditemukan, silahkan pilih 'Akun' saja.
  4. Klik opsi 'Pengguna dan Akun'.
  5. Masuk ke bagian 'Akun'.
  6. Pilih salah satu akun yang hendak dihapus.
  7. Pilih 'Hapus Akun', serta lakukan konfirmasi seusai instruksi.

Sebagai catatan penting, kedua cara diatas merupakan cara menghapus akun secara sementara. Artinya, pengguna dapat mengoperasikannya di perangkat lain. Bila berniat hapus akun permanen, berikut jawabannya:

  • Hapus Permanen di Gmail.

Cara terakhir yakni menghapus sebuah akun secara permanen. Cara ini hanya bisa dilakukan di dalam Gmail saja. Namun perlu diperhatikan, bila memang yakin menghapus selamanya artinya akun Google juga ikut hilang.

  1. Buka pengaturan Google.
  2. Pilih opsi 'Data dan Privasi'.
  3. Carilah ke bawah, sampai menu 'Data dan Privasi Anda'.
  4. Kemudian tab 'Opsi Lain'.
  5. Selanjutnya tekan 'Menghapus Akun Google Anda'.
  6. Ikuti petunjuk yang diberikan sampai selesai.

Demikianlah pembahasan 3 cara hapus akun email permanen dan non-permanen di Android dan Iphone. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment