Agar Siaran Langsung Ditonton Banyak Orang, Kamu Perlu 5 Alat Penunjang Live Streaming TikTok Ini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Dengan menyediakan 5 alat penunjang live streaming TikTok ini, kamu bisa saja mendapat audiens yang cukup banyak menonton siaran langsung.

Ulasan mengenai 5 alat penunjang live streaming TikTok yang akan dibahas kali ini, diharapkan agar kinerja saat berlangsungnya siaran langsung semakin seru.

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa 5 alat penunjang live streaming TikTok ini sangat dibutuhkan. Sehingga, hasil video dari siaran langsung tampak lebih jernih dan bagus.

Bagi generasi milenial, aplikasi TikTok sudah tidak asing lagi. Dari saking banyaknya konten yang tersedia, gen z yang ingin membuat konten harus tahu tentang trik dan peralatan khusus yang menunjang saat bikin video.

Pasalnya, bila hanya mengerti trik khusus saja. Kemungkinan besar, hasilnya tidak memuaskan. Oleh sebab itu, peralatan khusus dirasa penting untuk digunakan sebelum membuat konten.

Peralatan khusus yang dapat menunjang live streaming TikTok juga mempermudah saat siaran langsung. Sehingga, kondisi dan situasi sekitar yang kurang mendukung tidak menjadi kendala.

Terlebih lagi, bila pengguna tengah melangsungkan live streaming untuk menjual produk. Bila tidak dilengkapi dengan alat khusus, audiens yang mengikuti siaran langsung tersebut merasa tidak puas dan perlahan meninggalkan sesi siaran.

Untuk mendapatkan solusi tersebut, berikut uraian mengenai 5 alat penunjang live streaming TikTok yang wajib dimiliki sebelum melakukan siaran:

  1. Resolusi Kamera

Peralatan pertama yakni harus menyediakan jenis kamera, yang resolusi lensanya cukup mendukung menyorot objek dengan tajam.

Sebagai kriteria kemulusan yang standar, pengguna dapat mengandalkan lensa yang dapat menangkap resolusi 1080P, atau dengan kualitas HD.

Kedua kriteria tersebut biasanya sudah bisa dimiliki pada ponsel entry-level (1-2 jutaan). Bila kameranya kurang bagus, pengguna TikTok dapat mengakalinya dengan kamera profesional.

  1. Ring Light.

Di dunia fotografer, Ring Light merupakan lampu yang berbentuk bulat. Dari sisi-sisinya ini, pengguna dapat memanfaatkan cahaya yang terpancar.

Meski awalnya kerap digunakan oleh para fotografer, Ring Light tersebut di zaman sekarang juga laris dipakai oleh konten kreator.

Harganya juga cukup murah, kamu hanya perlu menyiapkan modal dari Rp 50 ribu sampai ratusan ribu.

  1. Tripod.

Sebagai penyangga, Tripod juga berperan penting untuk sesi siaran langsung. Alat berkaki tiga ini bertugas agar rekaman yang diambil tetap stabil, alias terhindar dari guncangan.

Selain itu, tripod masa kini juga dilengkapi teknologi lebih canggih. Misal, dapat bergerak otomatis dengan remote control yang dioperasikan jarak jauh demi mendapat sisi yang lebih baik.

  1. Microphone.

Bagi pengguna TikTok, yang akunnya sering digunakan untuk berjualan. Mikrofon merupakan alat penting agar penjual dapat menerangkan produk dengan jelas kepada audiens.

Terlebih lagi bila terdapat sesi review produk yang bersuara. Sehingga penonton akan merasakan kepuasan dengan bantuan mikrofon yang bagus.

  1. Headset

Terakhir, penggunaan headset rasanya akan menjadi nilai bonus bagi penggiat live streaming. Walaupun program siaran langsung bekerja satu arah, headset ternyata berperan penting untuk melancarkan hal itu.

Dengan memilih headset yang bagus, pengguna akun dapat mengetahui kualitas audio siaran. Sehingga, bila suara yang keluar kurang bagus pengguna dapat membenarkan kualitas audio secara langsung.

Demikianlah uraian mengenai 5 alat penunjang live streaming TikTok agar mendapatkan audiens banyak. Semoga artikel ini membantu! (Dzikrullah) ***

Leave a comment