Berburu Soto Banjar di Banjarmasin: Ini Tujuh Warung Recommeded yang Pantas Dicoba

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Jika Anda berada di Banjarmasin tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi soto Banjar. Sajian ini adalah andalan dan banyak warung yang menjualnya.

Ya, soto Banjar memang sangat identik dengan Banjarmasin. Terbukti dari begitu banyaknya warung yang menyajikan makanan berkuah nan lezat ini.

Ragam warung soto Banjar di Banjarmasin pun menawarkan kenikmatan pun suasana yang khas. Silakan datangi dan cicipi rasanya sekaligus rasakan pengalamannya.

Melansir phinemo.com Kamis (28/9/2023), setidaknya ada tujuh warung soto Banjar yang recommended di Banjarmasin. Nah, berikut daftarnya:

  1. Bang Amat
    Soto di warung Bang Amat ini disajikan dengan piring. Isiannya lontong yang diberi suwiran ayam, telur rebus, perkedel, bihun, kuah lezat, serta tak lupa taburan bawang goreng.

Warung ini di pinggir sungai, maka pengunjung bisa santai sambil melihat pemandangan saat menunggu soto datang. Lokasinya di Jl. Banua Anyar No.6, Benua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

  1. Bawah Jembatan
    Dari namanya pasti sudah bisa menebak di mana letak kedai soto ini, benar letaknya memang tidak jauh dari jembatan. Kedai soto ini tidak terlalu besar dan terletak di aliran Sungai Martapura.

Yang membuat soto bawah jembatan ini banyak diserbu pengunjung karena kuahnya yang terkenal gurih dengan taburan telur bebek. Lokasinya di Jalan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

  1. H. Anang
    Sebenarnya soto di warung H. Anang tak berbeda jauh dari soto sebelumnya, tapi kuahnya memang lebih bening. Pengunjung bisa menikati soto dengan ayam dan sate yang dipesan terpisah. Lokasinya berada di Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.
  2. Pondok Bahari
    Cukup berbeda dari warung sebelumnya, soto di sini disajikan dengan mangkuk. Isian soto tetap sama dan rasanya bisa dibilang lumayan lezat.

Biasanya disajikan dengan emping dan taburan daun bawang yang lumayan banyak. Lokasinya di Jalan Simpang Kapten Piere Tendean No. 108, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

  1. Pal 1
    Satu lagi soto banjar yang disajikan dengan mangkuk adalah Warung Soto Banjar Pal 1. Banyak warga yang mengaku bahwa Soto ini adalah soto paling otentik di Kalimantan Selatan.

Kuahnya sangat sempurna dengan taburan bawang goreng yang tidak pelit. Lokasinya di daerah kedungdoro, sebelahan dengan minimarket, tepatnya di Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

  1. Warung Soto dan Sate Pahlawan
    Berada di Jalan Pahlawan Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, inilah warung soto Banjar yang bisa dicoba oleh para wisatawan. Rasanya lezat dan daging ayamnya gurih karena bumbu meresap hingga ke daging.

Sate ayam dengan bumbu kacang sangat cocok disajikan dengan soto ini. Jangan sampai lupa pesan agar rasa otentik soto ini terjaga.

  1. Soto Rina Kuin Pertamina
    Soto Banjar dengan rasa otentik terakhir adalah Soto Rina Kuin Pertamina. Soto ini berada di sekitar Kuin Cerucuk.

Sajian soto di sini hapir sama dengan kedai soto sebelumnya yaitu disajikan dengan perkedel, telur, dan sate ayam. Lokasinya di Jalan Kuin Cerucuk No.32, Kuin Cerucuk, Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin.

Demikian tentang warung recommended yang menyajikan soto Banjar di Banjarmasin. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment