4 Trik Akses Situs yang Diblokir: Praktis dan Gampang Dilakukan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLNGGO, insidepontianak.com - Pada suatu daerah, laman website tertentu tidak bisa dikunjungi. Untuk itu, perhatikan 4 trik akses situs yang diblokir ini agar dapat memecahkan masalah tersebut.

Kumpulan dari 4 trik akses situs yang diblokir ini merupakan cara yang jitu. Sehingga, pengguna internet tidak mendapat rintangan sulit bila hendak membuka suatu website yang dilarang.

Selain memfokuskan kepada topik 4 trik akses situs yang diblokir. Tim Insidepontianak juga ikut memberikan suatu kelemahan dari masing-masing caranya, hal ini diupayakan agar dapat mengetahui informasi lengkapnya.

Terdapat banyak alasan yang menyebabkan satu situs diblokir. Lumrahnya, faktor yang melatarbelakanginya lantaran untuk menjaga suatu keamanan wilayah tertentu.

Dengan begitu, bila memasuki kawasan tersebut. Secara otomatis, jenis perangkat apapun yang terhubung dengan internet tidak dapat mengakses situs yang diblokir.

Sebagai contoh yang sudah diketahui oleh banyak orang, Negara Cina. Di Negeri Tirai Bambu ini, situs dan aplikasi seperti Google, YouTube, Facebook tidak dapat diakses karena Pemerintah setempat memblokirnya.

Walaupun sudah bisa dipastikan tidak dapat dibuka. Terdapat cara tertentu agar alamat website seperti yang di atas bisa diakses kembali.

Berikut ini uraian mengenai 4 trik akses situs yang diblokir pada suatu wilayah:

  1. Akses dengan VPN.

Sebagai cara yang paling disukai oleh netizen, VPN merupakan trik yang cukup handal untuk membuat sebuah situs yang diblokir.

Di dunia siber, VPN sendiri dikenal dengan alat yang dapat mengenkripsi lalu lintas internet. Caranya unik, perangkat lunak ini bekerja dengan memalsukan alamat IP.

Dengan begitu, lokasi pengguna tidak dapat dipantau. Atau, denahnya menggunakan IP tempat lain. Artinya, perangkat ini bersifat anonim.

Lantaran dengan sistem kerja seperti di atas, situs yang diblokir oleh suatu wilayah dapat dibuka dengan mudah.

Namun, terdapat beberapa kekurangan yang harus diketahui. VPN ini hanya bisa diakses dengan cara instalasi perangkat, serta kebanyakan dari mereka mewajibkan membayar langganan.

  1. Buka dengan Proxy.

Bila cara pertama berlaku pada sebuah wilayah yang luas. Proxy merupakan alat yang sangat pas, bila situs yang diblokir di tempat umum saja.

Maksudnya, Proxy dapat membuka situs yang diblokir di server jaringan WiFi. Cara kerjanya melalui menyembunyikan IP pengguna dari host.

Sayangnya, cara ini dapat menyebabkan data-data penting yang dimiliki bocor. Serta servernya yang terbatas bisa menimbulkan kelambanan berselancar di internet.

  1. Via Alamat IP.

Alamat IP sendiri merupakan nomor unik yang menandakan sebuah urutan di server hosting situs web. Dengan mengetahuinya, kita dapat membuka situs yang diblokir dengan cara tempelkan ke kolom pencarian.

Lebih jelasnya, silahkan copy dari alamat IP sebuah situs. Kemudian, pengguna perangkat hanya perlu menyalinnya di address bar.

  1. Tor Browser.
    Terakhir bisa melalui Tor Browser, yang memiliki sifat anonimitas internet. Cara kerjanya simpel, merespon sensor online yang akan mengirimkan data jaringan ke server.

Kemudian, jaringan tersebut dapat menyembunyikan IP address dari server tujuan. Sehingga, situs yang diblokir dapat dibuka dan lolos dari pantauan.

Kelemahan Tor Browser ini cukup banyak. Salah satunya tidak dapat membuka situs Netflix, dan beberapa situs memblokir layanan Tor Browser.

Demikianlah uraian mengenai 4 trik membuka situs yang diblokir. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment