Mengenal Fitur Arsip pada Aplikasi WhatsApp dan Panduan Langkahnya: Bisa Hindari Pesan Spam

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk memudahkan penggunanya terhindar dari pesan spam. WhatsApp memiliki fitur andalan yang dinamai 'Arsip', cara ini hampir mirip dengan memblokir kontak.

Bila pesan dari kontak yang dianggap mengganggu, pengguna WhatsApp hanya perlu memasukkan dengan fitur Arsip. Dengan demikian, chat tersebut tidak akan nongol kembali di halaman obrolan.

Uniknya lagi, fitur Arsip pada aplikasi WhatsApp tidak hanya memindahkan pesan spam saja. Lebih lengkapnya, kegunaan fitur ini membuat platform tersebut juga tidak menampilkan notifikasi dari chat tersebut.

Dua kelebihan tersebut itulah yang dicari pengguna. Sebab, berdasarkan sistem kerjanya hampir mirip dengan memblokir kontak. Namun, Arsip tidak menampakkan pemblokiran secara terang-terangan.

Cara tersebut juga menjadi pilihan alternatif untuk memblokir kontak orang terdekat. Ciri-cirinya tidak mencolok, pesan yang dikirim tetap diterima namun tidak muncul notifikasi di layar.

Selain itu, kelebihan lain dari Arsip dibandingkan dengan pemblokiran yaitu foto profil pengguna tidak akan hilang. Sehingga, kontak yang diarsipkan tidak menyadari hal tersebut.

Hal ini berbanding balik dengan memilih opsi pemblokiran. Kontak orang terdekat akan menyadari dengan pesan yang dikirim hanya centang satu, serta foto profil pengguna tidak tampak.

Dengan bahasa lain, fitur Arsip pada aplikasi WhatsApp merupakan cara halus memblokir kontak keluarga atau teman dekat.

Supaya dapat mengetahui cara menggunakan fitur Arsip pada aplikasi WhatsApp ini, perhatikan panduan lengkap di bawah ini:

Cara Mengarsipkan Pesan.

Berdasarkan uraian di atas, Arsip merupakan trik khusus untuk memblokir pesan yang menjengkelkan. Bedanya, cara yang ditempuh sangat halus.

Sifat tersebut juga tidak membuat kedua belah pihak merasa tidak nyaman. Sebab, salah satunya tidak menyadari kalau obrolan yang pernah dilakukan ternyata sudah diarsipkan.

Panduan mengarsipkan pesan dan kontak dari halaman obrolan juga mudah dilakukan, begini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih kontak yang hendak diarsipkan.
  3. Tekan secara lama pesan tersebut.
  4. Pilih fitur 'Arsip' yang berlambang tanda panah menunjuk ke arah bawah di dalam kontak. Letaknya berada di task bar paling atas.
  5. Kontak pun akan tersimpan di dalam folder Arsip secara otomatis.

Setelah berhasil dipindahkan, halaman obrolan tidak lagi menampilkan pesan yang telah diarsipkan.

Keuntungan lainnya, WhatsApp juga tidak akan menampilkan pop-up notifikasi dari chat tersebut.

Cara Mengeluarkan Pesan yang Diarsipkan.

Setelah sekian lama pesan masuk dalam fitur Arsip, pengguna rupanya berubah pikiran. Bila hendak mengeluarkannya dari folder tersebut, ikuti panduan di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pada bagian atas obrolan, klik 'Diarsipkan'.
  3. Pilihlah kontak yang telah diarsipkan. Tahan pesan tersebut beberapa detik.
  4. Klik ikon panah mengarah ke atas di dalam kotak.
  5. Pesan pun telah keluar dari folder Arsip.

Pesan yang telah dikeluarkan akan kembali dalam kondisi normal. Maksudnya, bila menerima chat WhatsApp akan menunjukkan notifikasi di layar ponsel.

Demikianlah pembahasan mengenai fitur Arsip di dalam aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment