Dewan Pontianak Mujiono Minta PDAM Ganti Pipa Rusak Tekan Kebocoran

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Anggota dewan Kota Pontianak, Mujiono meminta PDAM Tirta Khatulistiwa menekan angka kebocoran air.

Salah satu caranya dengan mengganti sejumlah pipa yang mulai rusak. Sebab, menurut Mujiono kerusakan pipa yang berumur ini menjadi penyebab banyaknya kebocoran aliran air ledeng.

Dengan pergantian itu, diharapkan kebocoran air dapat ditekan, sehingga tak lebih dari 20 persen.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pontianak itu mengatakan, pihaknya baru saja melakukan kunjungan kerja di dua boster PDAM.

Pertama di boster Dharma Putra dan boster di Sepakat. Dari kunjungan itu, ditemukan air tidak mengalir dan mengalir lamban. Penyebabnya karena di pipa PDAM Jalan Perdana yang bocor.

"Pipa di Jalan Perdana ini masuk dulu ke boster Sepakat, baru disalurkan ke pelanggan. Jadi kalau terjadi kerusakan di pipa akan berpengaruh," katanya.

Penyebab kerusakan ini, bisa disebabkan proses pembangunan dan tekanan tanah yang tidak stabil sehingga menyebabkan pipa pecah.

"Yang sering terjadi kebocoran ini pipa di Sungai Jawi dan Perdana," katanya.

Kedua pipa di jalur ini, kata dia, sempat direncanakan perbaikan. Namun, terkendala jalan yang baru dibangun. Sehingga harus ditunda.

"Mudah-mudahan tahun 2024 bisa direalisasikan, sehingga pelayanan air bersih bisa maksimal," harapnya.

Sementara itu, di boster Darma Putra, ia meminta pemeliharaan bangunan dan penyebaran pelayanan administrasi, sehingga tak menumpuk di satu tempat.

Mujiono berharap, PDAM dapat menekan angka kebocoran air menjadi 20 persen. Sebab, saat ini masih 29 persen.

"Upaya yang dilakukan dengan penambahan investasi untuk membuat pipa gandeng dan mengganti pipa di Sungai Jawi dan Perdana. Pipa yang sering terjadi kebocoran kita minta diganti," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment