Orang Terdekat Kerap Kirim Spam Chat? Ikuti 3 Tips Atasi Spam Chat Tanpa Diblokir

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Orang terdekat kita kadang sering membombardir dengan pesan spam. Menghadapinya, kamu dapat menerapkan 3 tips atasi spam chat tanpa diblokir yang akan dibagikan di bawah ini.

Melalui pembahasan 3 tips atasi spam chat tanpa diblokir ini, kamu pun tidak akan merasa terganggu saat bermain smartphone. Uniknya, cara yang akan dibagikan ini tidak akan membuat konflik dengan teman dan keluarga.

Bisa dikatakan, bahwa 3 tips atasi chat spam tanpa diblokir ini sama dengan cara yang halus. Sehingga, teman yang kerap mengirimkan pesan secara membabi buta tidak akan menyadari bahwa kamu telah mendepaknya dari beranda platform.

Sudah menjadi hal lumrah, bahwa menerima pesan secara terus menerus akan berdampak negatif. Bahkan, karena tidak bisa menahan emosi pengguna langsung melakukan konfrontasi saat sedang membalasnya.

Sayangnya, upaya ini bukanlah cara yang cukup bijak untuk dilakukan. Malahan, upaya konfrontasi tersebut dapat memercikkan api pertemanan. Alih-alih menciptakan permusuhan, pengguna harus mengetahui trik khusus.

Upaya menghindari pesan spam ini sebenarnya terkumpul dalam beberapa fitur yang telah tersedia pada WhatsApp. Misal dengan mengaktifkan fitur 'Mute'.

Pembahasan kali ini tidak hanya berlaku pada kasus kontak saja. Melainkan, kamu dapat bertindak dengan cara serupa ketika menghadapi grup WhatsApp yang terlalu bising dengan percakapan tidak penting.

Agar dapat mengetahui 3 tips atasi chat spam yang mengganggu di aplikasi WhatsApp dengan jelas, simak uraian lengkapnya di bawah ini:

  1. Gunakan Fitur Mute.

Langkah pertama yang dapat dilakukan ketika menghadapi pesan spam, yakni dengan mengaktifkan fitur 'Mute' pada kontak atau grup WhatsApp.

Cara ini cukup ampuh, ponsel tidak akan berdering secara terus menerus ketika menerima pesan spam tersebut. Sehingga, kamu dapat merilekskan badan dan lebih fokus ke pekerjaan penting lainnya.

Selain itu, fitur Mute pada WhatsApp ini juga dapat meredamkan popup notifikasi WhatsApp pada layar kunci dan home.

Penasaran untuk mengaktifkan fitur Mute? Berikut ini penjabaran lengkapnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih kontak yang ingin dibisukan.
  • Tahan kontak yang dimaksud.
  • Ketuk ikon Mute yang berada di atas layar.
  • Pengguna bisa memilih durasi membisukan. Diantaranya selama 8 jam, 1 minggu, atau selamanya.
  1. Hapus Pesan Segera.

Bila cara pertama sudah diterapkan, namun masih merasa jengkel ketika mengetahui bahwa pesan menumpuk di ruang obrolan. Cara selanjutnya yang harus dilakukan, adalah menghapus chat tersebut.

Penghapusan pesan ini cukup ampuh untuk meredam emosi. Tindakan ini akan berfungsi dengan baik, ketika pertama kali menerima pesan tersebut kemudian langsung menghapusnya.

Karena tidak sempat dibuka, status pesan tersebut hanya akan centang dua pada ponsel milik teman.

  1. Arsipkan Pesan.

Opsi terakhir merupakan jalan alternatif ketika tidak ingin menghapus pesan. Arsip bekerja dengan mengelompokkan pesan agar tidak muncul pada ruang obrolan.

Dengan demikian, notifikasi dan suara tidak akan terdengar atau terlihat pada layar ponsel. Fitur arsip ini sebenarnya menyerupai dengan opsi pemblokiran.

Merasa penasaran untuk melakukannya? Simaklah uraian berikut ini dengan seksama:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih kontak yang hendak diarsipkan.
  • Tap dan tekan lama kontak tersebut.
  • Klik ikon panah ke atas untuk mengarsipkan pesan, tempatnya berada di atas layar.
  • Bagi pengguna Iphone perlu menggeser kontak, kemudian pilih opsi 'Archive'.

Itulah pembahasan mengenai 3 tips atasi spam chat yang kerap mengganggu waktu santai pengguna. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment