Lakukan 2 Cara Cek Rekening Sebelum Belanja Online Agar Tidak Ditipu Pelaku Phising

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Aksi penipuan kerap terjadi di dunia maya. Untuk menghindarinya, lakukan 2 cara cek rekening sebelum belanja online dilakukan ini dapat membantumu.

Melalui pembahasan 2 cara cek rekening sebelum belanja online dilakukan ini, sedikit meringankan rasa kekhawatiranmu bakal ditipu oleh orang tak bertanggung jawab. Jadi, pastikan kamu menyimaknya dengan seksama.

Lebih tepatnya, uraian 2 cara cek rekening sebelum belanja online akan melampirkan informasi sebuah akun yang dimiliki oleh orang penjual. Sehingga, kamu pun akan diberikan status kebenaran atau tidaknya dari orang tersebut.

Transaksi online sendiri sudah sangat familiar dilakukan. Pasalnya, proses jual beli dengan platform digital ini memudahkan pengguna ketika hendak berbelanja tanpa perlu keluar rumah.

Sayangnya, bila dilakukan secara tidak hati-hati transaksi tersebut akan menimbulkan malapetaka. Aksi peniupan sendiri kerap dilakukan dengan penyamaran sebagai pemilik marketplace tertentu.

Alih-alih mendapatkan barang yang sudah dibeli, pengguna akan tertipu dengan aksi phising. Pelaku kriminal akan menerima uangmu tanpa perlu lagi memikirkan nasib pembeli.

Mengantisipasi hal tersebut, Menkominfo RI memberikan beberapa tips untuk mengetahui informasi rekening seseorang dengan benar.

Agar kamu dapat melakukan tips tersebut, ikuti 2 cara cek rekening sebelum belanja online dilakukan ini. Berikut ulasan lengkapnya:

  • Kredibel.

Cara yang ampuh untuk mengecek status dan informasi penjual dapat dilakukan dengan bantuan website Kredibel. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, perhatikan langkah berikut ini:

  1. Buka mesin pencarian internet dengan Google atau Chrome.
  2. Ketik alamat lengkap Kredibel pada kolom pencarian. Kamu bisa menulisnya dengan www.kredibel.com.
  3. Pastikan kamu membuat akun terlebih dahulu. Masukkan alamat email dan password, atau bisa langsung sign up dengan akun Facebook atau Gmail dari Google.
  4. Pergi ke menu 'Cek Penipu Online'.
  5. Masukkan nomor rekening yang ingin diketahui informasinya.
  6. Klik tulisan bernada 'Cari'.
  7. Situs akan menampilkan segala informasi rekening dengan detail. Selain itu, review singkat dan pada dari nomor rekening juga disediakan secara otomatis.
  • Cekrekening.id.

Selain Kredibel, situs selanjutnya yang juga handa dalam melampirkan informasi rekening seseorang dikenal dengan nama 'Cekrekening'.

Supaya tidak penasaran lagi terkait caranya, berikut ini pemaparan langkahnya:

  1. Buka mesin pencarian internet.
  2. Ketikkan alamat situs, www.cekrekening.id.
  3. Klik layanan 'Cek Sekarang'.
  4. pilih akun 'Bank' atau E-Wallet, serta isikan namanya dan nomor rekening yang hendak dicek.
  5. Centang informasi pada tulisan 'Saya Bukan Robot'.
  6. Klik 'Cek Sekarang'.
  7. informasi rekening akan terpapar dengan jelas. Salah satunya terkait pemilik akun bank, status verifikasi, dan bila terindikasi kriminal akan muncul pelaporan yang sebelumnya dilakukan.

Melalui kedua situs tersebut, diharapkan pengguna internet dan customer marketplace tidak terlalu gegabah. Barulah setelah merasa yakin bahwa rekening penjual aman, transaksi bisa dilanjutkan.

Itulah pembahasan mengenai 2 cara cek rekening sebelum belanja online dilakukan dan agar terhindar dari tindakan phising. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment