Ampuh Hindari Konten Dewasa! Berikut 2 Trik Amankan Penelusuran Anak-Anak dengan Fitur Safe Search di Google

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Menghindari keluarga dari konten berbau dewasa nyatanya mudah. Caranya hanya mengikuti 2 trik amankan penelusuran anak-anak dengan bantuan Search Safe pada Google.

Bantuan melalui 2 cara amankan penelusuran anak-anak dengan mengaktifkan Safe Search di Google dinilai sangat ampuh. Sehingga, aktivitas di dunia maya tidak akan pernah lagi berpapasan dengan konten yang berbau dewasa.

Karena dinilai penting, kiranya kamu juga harus mengetahui 2 cara amankan penelusuran anak-anak dengan Safe Search di aplikasi Google. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui istilah fitur ini dengan baik.

Pengertian Safe Search.

Safe Search merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh mesin pencarian Google untuk menyaring konten seksi. Sehingga, seluruh link atau pemberitaan dari sebuah blog berkategori dewasa tidak akan muncul pada hasil pencarian.

Tidak hanya ampuh dalam menyaring saja, kemampuan fitur satu ini juga bisa memburamkan gambar secara otomatis. Dengan catatan, foto yang dimaksud tidak layak untuk dilihat oleh anak-anak di bawah umur.

Akan tetapi, bila mengetahui situs yang memang menyediakan ragam konten dewasa dan langsung mengetiknya di kolom pencarian. Fitur ini tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Sebab, cara kerjanya bukan untuk memblokir suatu situs. Sebagaimana namanya, Safe Search hanya merupakan alat untuk menyensor atau memfilter sebuah konten saja.

Adapun cakupan konten yang akan disensor oleh fitur ini terdiri dari banyak kategori. Salah satunya bisa diketahui pada list berikut ini;

  • Konten yang memuat gambar foto atau video telanjang.
  • Menyaring link yang menuju ke website dewasa.
  • Menghindari anak melihat ragam aksesoris atau mainan seks.
  • Melindungi anak-anak atau orang terdekat mengakses layanan kencan yang mengarah kepada tujuan seksual.
  • Memfilter seluruh konten yang mengandung unsur kekerasan atau tidak layak untuk ditonton.

Setelah mengetahuinya, berikut ini penjabaran 2 cara mengaktifkan Safe Search untuk anak-anak:

Aktifkan Safe Search di Smartphone.

Meski smartphone yang kamu miliki berbeda-beda jenis, misal Android dan Iphone, mengaktifkan fitur Safe Search memiliki langkah yang sama. Berikut ini ulasannya:

  1. Buka mesin pencarian Google di perangkat smartphone.
  2. Pada halaman pertama, klik ikon foto profil yang hendak mengaktifkan fitur Search Safe.
  3. Ketuk Pengaturan Google.
  4. Masuk ke layanan Safe Search.
  5. Klik 'Filter' untuk menyaring gambar, teks, atau konten dewasa.
  6. Pilih 'Blur' untuk memburamkan gambar'.
  7. Pilih 'Off' untuk hasil yang maksimal.

Aktifkan Safe Search di PC.

Sedikit berbeda dengan cara di atas, mengaktifkan Safe Search memiliki sedikit langkah yang lebih lengkap. Perhatikan uraian di bawah ini:

  1. Ketik alamat https://www.google.com/safesearch.
  2. Kamu juga bisa mengakses secara singkat dengan ketuk 'Quick Setting' di bagian kanan atas layar.
  3. Pilih 'Filter'.
  4. Ketuk pula opsi 'Blur' untuk memburamkan gambar seksi.
  5. Hasil maksimal akan bekerja dengan mengklik 'Off'.

Pada beberapa kesempatan, fitur Safe Search ini justru terkunci. Namun, jangan khawatir karena kamu tersambung dengan jaringan publik yang sudah memfilter konten dewasa.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 cara amankan penelusuran anak-anak dari konten dewasa dengan bantuan Safe Search. Selamat mencoba! (Dzikrullah) *

Leave a comment