Tampilkan 500 Koleksi, Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Kunjungi Galeri Arsip Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dalam rangka pameran arsip yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat.

Ratusan pelajar dan mahasiswa mengunjungi Galeri Arsip milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat.

Kunjungan ini dilaksanakan di hari pertama pameran dan tampak pengunjung membludak dan mereka sangat antusias.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi menjelaskan jika pameran ini digelar dalam rangka HUT Pemprov Kalbar ke 67 Tahun.

Sugeng menyebutkan pameran ini menampilkan perjalanan terbentuknya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dari masa ke masa.

"Termasuk profil Gubernur Kalbar dari dahulu hingga sekarang, capaian pembangunan pemerintah dari tahun ketahun, serta materi arsip-arsip lainnya lingkup daerah Kalimantan Barat," ungkap Sugeng.

Terkait dengan sejarah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, pihaknya menampilkan sebanyak 500 lebih koleksi arsip, belum lagi koleksi arsip dari kabupaten/kota.

Meski dari 14 Kabupaten/Kota yang tidak mengirimkan perwakilan, yakni Bengkayang, Melawi, Sambas dan Sanggau.

Diakui sugeng perwakilan dari kabupaten yang tidak hadir, tetap ditampilkan materi arsip sepanjang dimiliki DPK Kalbar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi pada kegiatan pameran Kearsipan ini," urainya.

Selanjutnya kepada yang belum bisa mengikut sertakan pameran maka  di pameran kearsipan dalam rangka HUT RI nantinya dapat melaksanakan Pameran selanjutnya.

Pada pameran ini dilauching juga Sistem Informasi Kearsipan atau SI Arsip, yakni Aplikasi Arsip yang berbasis Web, sehingga bisa di akses dengan mudah oleh mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum.

"Dan untuk aplikasi ini, akan terus kami sosialisasikan supaya dapat menjadi bahan pembelajaran dan tambahan pengetahuan," ujar sugeng.

Ditambahkan Sugeng, terkait dengan pameran kearsipan ini, beberapa dokumen arsip, diberikan penjelasannya, sehingga dapat tergambar peristiwa yang ada di arsip tersebut.

Sugeng mengimbau bagi masyarakat, pelajar dan mahasiswa yang mempunyai waktu luang, untuk hadir.

"Karena banyak sekali informasi tentang sejarah pembentukan Kalbar dapat ditemukan disini. Kita masih akan melaksanakan pameran hingga Jumat 2 Februari," kata Sugeng.

Pameran arsip berlangsung mulai Senin, 29 Januari 2024 sampai dengan Jumat tgl 2 Februari 2024.   ***

Leave a comment