Hari Pertama Difungsikan, Duplikasi Jembatan Kapuas I Macet, Warga: Di Luar Ekspektasi

22 Maret 2024 01:51 WIB
Antrean kendaraan di jalur Duplikasi Jembatan Kapuas I mulai terjadi saat sore menjelang magrib, Kamis (21/3/2024). (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Duplikasi Jembatan Kapuas I, Pontianak, sudah mulai difungsikan setelah diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (21/3/2024).

Kehadiran Duplikasi Jembatan Kapuas I ini, diharapkan mengurai kemacetan, sebagaimana yang terjadi saban hari di jalur ini.

Namun, harapan itu, belum sepenuhnya memuaskan. Di hari pertama operasional, justru Duplikasi Jembatan Kapuas I macet. Terutama saat sore hingga malam.

Kendaraan masih antre panjang dari persimpangan lampu merah Tanjung Raya untuk menyeberang menuju pusat Kota Pontianak.

Kemacatan ini pun dialami Erwin. Warga Siantan ini mengaku sempat terjebak macet yang cukup panjang saat hendak melintasi Duplikasi Jembatan Kapuas I.

"Saya dari arah pusat Kota Pontianak ingin menuju arah Siantan. Tetapi, tadi saya masih terjebak macet," kata Erwin kepada Insidepontianak.com.

Erwin awalnya mengira, hadirnya Duplikasi Jembatan Kapuas I, langsung bisa meminimalisir kemacetan. Terutama di jam-jam pulang kerja. Namun nyatanya, sama saja. Tetap macet, seperti biasanya.

"Saya kira sudah tidak macet, ternyata masih," ujarnya.

Menurut Erwin, hadirnya Duplikasi Jembatan Kapuas I harus dibarengi dengan rekayasa lalu lintas. Sebab, biang macet karena simpang lampu merah Tajung Pura dan simpang lampu merah Tanjung Raya I.

Ia meyakini, bila tidak dilakukan rekayasa lalu lintas di dua persimpangan lampu merah ini, maka kemacetan akan terus terjadi.

Selain itu, masyarakat juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Budaya antre di lampu merah harus ditingkatkan. Agar arus lalu lintas di jalur Jembatan Kapuas I tertib.

“Semoga pemerintah Kota Pontianak dapat mengatasi permasalahan yang dialami sekarang,” harapnya

Pantauan Insidepontianak.com di lokasi, terlihat arus lalu lintas di Jembatan Kapuas I dari arah simpang Tanjung Raya menuju Simpang Garuda, relative kondusif dan teratur.

Kepadatan kendaraan hanya terjadi di duplikasi jembatan Kapuas I. Pasalnya, saat turunan menuju Pontianak Timur, ada perempatan lampu merah, sehingga mengharuskan pengendara berhenti sejenak. Inilah yang menyebakan arus lalu litas tak mengalir. (Greg)***

Leave a comment