Dewan Kalbar Heri Mustamin Dorong Penataan Lalu Lintas di Kawasan Duplikasi Jembatan Kapuas 1

24 Maret 2024 06:48 WIB
Ketua Komisi V DPRD Kalimantan Barat, Heri Mustamin. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Komisi V DPRD Kalbar, Heri Mustamin menilai hadirnya Duplikasi Jembatan Kapuas 1, belum sepenuhnya mampu mengurai kemacetan di jalur Persimpangan Tanjungpura menuju Pontianak Timur.

Sebab, volume kendaraan yang melintas di jalur Duplikasi Jembatan Kapuas 1, sangat banyak. Di sisi lain, pengoperasian jembatan tersebut, belum dibarengi dengan penataan lalu lintas.

Akibatnya kemacetan masih terus terjadi, meski Duplikasi Jembatan Kapuas 1 sudah resmi dioperasikan beberapa hari terakhir setelah diresmikan Presiden Jokowi. 

Sebagai warga Pontianak Timur, Legislator Golkar itu bersyukur hadirnya Duplikasi Jembatan Kapuas 1, yang dibangun dari APBN.

Namun, ia berharap, fungsi jembatan tersebut segera didukung dengan penataan atau rekayasa lalu lintas, di persimpangan Tanjungpura-Imam Bonjol, dan Persimpangan Tanjung Raya I-Tanjung Raya II, agar persoalan kemacetan bisa terurai.

“Misalnya penataan jalan kiri dan kanan. Karena Jalan Tanjung Raya begitu sempit,” ujar Heri Mustamin.

Di samping itu, ia juga mendorong pembangunan Jembatan Kapuas III segera diwujudkan pemerintah. Supaya kendaraan dari Pantai Timur dan Utara Kalbar, tidak  masuk di Jembatan Landak dan Jembatan Kapuas 1.

"Mudah-mudahan realisasi jembatan Kapuas III dapat segera terwujud," harapnya. (Andi)***

Leave a comment