Atasi Persoalan Banjir, Satarudin Minta Pemkot Benahi Drainase dan Normalisasi Parit

28 Maret 2024 15:11 WIB
Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin meminta Pemerintah Kota Pontianak melakukan pembenahan terhadap drainase, dan melakukan normalisasi parit.

Sebab, banjir kerap melanda sejumlah jalan protokol di Kota Pontianak, saat hujan deras melanda. Ini menandakan, fungsi drainase dan parit tidak maksimal menyalurkan air hujan.

Karena itu, penantaan drainase dan normalisasi parit, sangat mendesak dilakukan untuk mengatasi persoalan banjir ini.

Satarudin memastikan, dalam pembahasan LKPJ Pemerintah Kota Pontianak Tahun Anggaran 2023, yang baru saja disampaikan oleh Pj Wali Kota,  persoalan banjir ini menjadi catatan untuk dicarikan solusi.

Ia ingin Kota Pontianak berjuluk 'Kota Seribu Parit' dapat kembali. Sehingga persoalan banjir tidak terus berulang saat musim hujan datang.

"Kita coba memberi solusi terbaik untuk Kota Pontianak," ujarnya, Kamis (27/3/2024).

Sementara itu, Pj Kota Pontianak, Ani Sofyan memastikan, penataan drainase dan normalisasi parit akan jadi prioritas pemerintah.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa kita tangani, paling tidak sebagian. Tentu kita prioritaskan di daerah yang vital," ucapnya.

Ani menyebut Pemkot Pontianak juga sudah memiliki peta wilayah rawan banjir, berdasarkan kelurahan, terutama daerah pinggir pantai.

Menurut Ani banyak cara yang sudah dilakukan dalam penanggulangan banjir di Kota Pontianak. Namun, kondisi tersebut terkendala dengan bersamaan air pasang dan hujan deras. (Andi)***

Leave a comment