Maksimalkan Potensi Pertanian, Desa Kakap Minta Pemerintah Bantu Perbaikan Pintu Air

27 Mei 2024 13:12 WIB
Lahan persawahan di Desa Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. (kalbar.bsip.pertanian.go.id)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Potensi pertanian di Desa Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, menjadi salah satu sektor andalan yang terus dieksplorasi, agar bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Untuk mengembangkan potensi pertanian itu, Pemerintah Desa Sungai Kakap pun terus membangun infrastruktur-infrastruktur pendukung.

Seperti peningkatan jalan usaha tani, hingga bantuan pupuk yang dianggarkan lewat dana desa.

Kepala Desa Sungai Kakap, Syarif Said mengaku, pengembangan sektor pertanian tak cukup jika hanya mengandalkan program desa.

Karena itu, untuk penguatannya, perlu sokongan dari pemerintah kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat. Misalnya pengadaan bantuan bibit bagi petani, dan perbaikan pintu air.

Bantuan untuk dua hal ini, perlu campur tangan pemerintah. Terutama perbaikan pintu air. Sebab, pembiayaannya cukup besar.

"Sektor pertanian kita, terkendala pintu air yang jebol yang disebabkan air pasang, sehingga air sulit dikendalikan," terangnya.

Said mencatat ada sejumlah pintu air yang sudah rusak dan butuh perbaikan, agar lahan pertanian masyarakat tidak terendam banjir bila air laut pasang.

“Bantuan perbaikan puntu air ini yang kita harapkan dari pemerintah. Karena, fasilitas ini sangat mempengaruhi hasil produksi petani,” ucapnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment