Pj Gubernur Kalbar Harisson Buka Expo Pendidikan Global Education Fair

12 Juni 2024 16:18 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson

PONTIANAK, insidepontianak.com - Expo Pendidikan Global Education Fair di Pontianak Convention Center (PCC) resmi dibuka.

Pj Gubernur Kalbar Harisson meresmikan Expo Pendidikan Global Education Fair ditandai dengan pemukulan gong dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting, Rabu (12/6/2024). 

Pj Gubernur Kalbar Harisson menekankan pentingnya acara ini dalam memberikan informasi mengenai pilihan pendidikan tinggi yang lebih luas khususnya dalam rangka memperkenalkan beragam perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri kepada masyarakat Kalimantan Barat, khususnya para lulusan SMA/SMK. 

Expo ini tidak hanya menampilkan perguruan tinggi nasional, tetapi juga perguruan tinggi global, misalnya Perguruan Tinggi dari negeri jiran Malaysia. 

"Hal ini sejalan dengan kesepakatan pada BIMP EAGA tahun lalu. Mengingat kedekatan geografis Kalbar dengan Malaysia, diharapkan expo ini dapat membuka peluang bagi anak-anak kita yang berminat melanjutkan studi di sana," jelas Harisson.

Selain perguruan tinggi Malaysia, expo ini juga turut menghadirkan berbagai universitas ternama di Indonesia. 

Harisson berharap expo ini dapat menjadi wadah bagi para siswa untuk mengeksplorasi berbagai jurusan dan kompetensi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Pihaknya juga memperkenalkan universitas-universitas yang berada di Indonesia, mungkin ada minat mereka dalam kompetensi yang ingin dikuasai tetapi berada di universitas - universitas nasional. 

"Jadi hal itu kita perkenalkan dan mereka juga banyak pilihan jurusan setelah lulus dari SMA/SMK," terangnya.

Selain itu, Pj Gubernur Kalbar Harisson mengungkapkan bahwa mutu pendidikan perguruan tinggi di Kalbar maupun di luar Kalbar tidak kalah dengan mutu pendidikan yang berada di luar negeri.

Ia berharap anak-anak dapat melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Indonesia khususnya Kalbar. 

"Kalau orang tuanya memang mampu untuk menyekolahlan anaknya di luar negeri silahkan saja, tapi saya harapkan kita mengutamakan sekolah-sekolah dalam negeri," harapnya.

Agenda tersebut dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand universitas baik dari nasional hingga global. 

Terdapat juga stand kerajinan hingga wastra dari anak-anak SMK Negeri dari penjuru Kalbar.

Hadir Pj Ketua TP-PKK Kalbar Windy Prihastari Harisson, pimpinan lembaga keuangan Kalbar, Konsul Malaysia di Pontianak, CEO Education Malaysia Global Service, Encik Novie Tadjudin, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar berbagai unsur pendidikan dari berbagai jenjang. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar