Pj Bupati Kubu Raya Apresiasi Lomba Bercerita, Upaya Pengembangan Literasi

12 Juni 2024 09:22 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman usai menutup Lomba Bercerita

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Dalam rangka pengembangan literasi, Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman mengapresiasi Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kabupaten Kubu Raya.

Pelaksanaan Lomba Bercerita digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kubu Raya di Aula Kepong Bakol DPMD Kubu Raya. 

“Kita tahu bahwa dengan pengembangan literasi ini, kita dapat mengukur kemampuan anak dalam belajar dan membaca sehingga dia mampu menyampaikan kembali (apa yang dibaca),” ungkap Kamaruzaman usai menutup lomba.

Pj Bupati Kubu Raya SyarifKamaruzaman mengaku optimis lomba bercerita akan dapat meningkatkan minat baca anak di Kubu Raya. 

Sebab lomba berskala kabupaten itu diikuti oleh para peserta terbaik yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada. 

“Alhamdulillah, ini pelaksanaan di level kabupaten. Dari 18 peserta kita dapat enam pemenang terbaik,” ujarnya.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman berharap lomba bercerita tidak hanya sebagai ajang tahunan. 

Lomba bercerita, jelasnya, menjadi investasi jangka panjang dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kubu Raya. 

“Yakni investasi untuk menciptakan generasi yang cinta membaca sekaligus berperan aktif dalam meningkatkan budaya literasi Indonesia,” tuturnya.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman juga mengungkapkan upaya untuk meningkatkan literasi anak sejak dini telah lama dilakukan oleh pemerintah kabupaten. 

Selain lomba bercerita, dalam konteks peningkatan literasi ini kita juga menggelar lomba-lomba lainnya seperti lomba mewarnai dan menggambar.

"Semua potensi untuk meningkatkan literasi ini dari sejak dini sudah kita lakukan di Kubu Raya,” pungkasnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar