Latih Disiplin Diri, Wako Edi Ajak Pelajar Gemar Menabung Sejak Dini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com- Gerakan pelajar gemar menabung dan sosialisasi simpel iB Kota Pontianak, diikuti oleh puluhan pelajar tingkat SD dan SMP di yayasan Mujahidin Kalbar, pada Selasa (19/9/2023).

Program gemar menabung sejatinya, sejak dulu sudah diajarkan oleh orangtua. Namun demikian, pemerintah saat ini mendorong anak didik agar tetap terbiasa menabung sejak dini.

Hal ini disampaikan oleh Wako Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan minat pelajar anak-anak usia dini maupun remaja supaya gemar menabung.

“Gerakan menabung untk pelajar ini, terus disosialisasikan untuk literasi dan inklusi perbankan, supaya dari anak-anak kecil, remaja sudah gemar menabung dan itu tujuannya,” ujar Edi

Adapun jumlah tabungan untuk para pelajar ini cukup bervariasi, dan menyesuaikan dengan uang jajan saku yang mereka dapatkan dari para orang tua.

“Bervariasi tergantung dari mereka, tapi minimal Rp. 10.000 untuk buka buku tabungan, selanjutnya untuk setiap hari selasa atau waktu tertentu ada mobil yang datang, dan beberapa sekolah sudah ada kantor cabang terdekat,” jelasnya

Sementara menurut Ketua Yayasan Mujahidin Kalbar, Mulyadi mengatakan gerakan pelajar menabung dinilai sangat baik, terutama dalam menghemat uang saku serta melatih cara berfikrir anak dalam menggunakan uang saku.

“Kita giatkan gemar menabung ini, dikalangan pelajar sehingga juga akan berlatih untuk hidup hemat,” ujar Mulyadi

Menurutnya ini merupakan salah satu upaya dan dukungan pemerintah, serta beberapa lembaga yang sebelumnya, telah mengencarkan para pelajar di Kota Pontianak untuk mensosialisasikan gerakan gemar menabung ini.

“Sudah mulai dari tahun yang lalu, setiap anak baru kita bukakan tabungan rekening, untuk tabungan pertama disediakan oleh lembaga, dan terus berlanjut hingga hari ini anak-anak menabung secara spontan, artinya tanpa dipaksa,” pungkasnya (Evi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar