Tradisi Robo-Robo di Sungai Kakap Selalu Ramai, Cara Jaga Budaya dan Tingkatkan Geliat Ekonomi

4 September 2024 11:24 WIB
Masyarakat Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, rayakan budaya Robo-Robo, Rabu (4/9/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Masyarakat Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, rayakan budaya Robo-Robo, Rabu (4/9/2024).

Perhelatan budaya itu dipusatkan di pasar Sungai Kakap. Lokasi ini, setiap tahunya menjadi tempat digelarnya acara promosi produk usaha mikro kecil menengah (UMKM), seni budaya hingga olahraga.

Robo-Robo adalah budaya yang rutin setiap tahunnya dilaksanakan. Digelar pada pekan terakhir bulan Safar.

Budaya Robo-Robo adalah ungkapan syukur atas rezeki yang diberikan dengan bentuk makan bersama di depan rumah.

Di momentum ini, masyarakat juga memanjatkan doa memohon perlindungan yang maha kuasa dengan menggelar tolak bala.

Setiap tahun, kegiatan budaya ini dikemas dengan berbagai event turunan. Seperti lomba sampan, hiburan musik, hingga promosi pruduk UMKM yang memenuhi lokasi pasar Sungai Kakap.

Kepala Desa Sungai Kakap, Syarif Said mengatakan, budaya Robo-Robo adalah warisan nenek moyang yang harus dilestarikan.

Tahun ini, Robo-Robo dirangkai dengan kegiatan 'Kakap Expo'. Sehingga tidak hanya melaksanakan tradisi budaya. Namun, ada ada pameran lain yang dapat menarik pariwisata.

"Mudah-mudahan pada pekan budaya robo-robo dapat dikemas lebih menarik, agar ke depan dapat dikembangkan kembali, sehingga menjadi daya tarik wisata," harapnya.

Di samping itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para pelaku UMKM.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar