Bank Kalbar Kembali Raih Penghargaan Sangat Prima dalam Penyaluran UMKM

13 September 2024 14:38 WIB
Bank Kalbar terima penghargaan dari Majalah Peluang di ajang Best Bank Performance MSMEs Loans Awards 2024, kategori Modal Inti hingga Rp 6 triliun (KBM 1) dengan aset Rp 25 triliun hingga di bawah Rp30 triliun. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bank Kalbar, kembali dianugerahi penghargaan. Kali ini, Bank Kalbar memperoleh predikat "Sangat Prima” dalam penyaluran kredit UMKM.

Penghargaan diberikan Majalah Peluang di ajang Best Bank Performance MSMEs Loans Awards 2024, kategori Modal Inti hingga Rp6 triliun (KBM 1) dengan aset Rp 25 triliun hingga di bawah Rp30 triliun.

Penilaian dilakukan oleh Litbang Majalah Peluang dengan menggunakan kriteria pertumbuhan kredit UMKM Bank 2022-2023, rasio CAR, rasio NPL kredit UMKM dan rasio kredit UMKM terhadap total kredit bank tahun 2023.

Atas kinerja sangat prima tersebut, Majalah Peluang memberikan apresiasi kepada Bank Kalbar sebagai Best Bank Performance MSMEs Loan Award 2024 dengan kategori Sangat Prima.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur PT Berkah Dua Visi, Yuni Hegarwati mewakili Majalah Peluang kepada R.S.M Al Amin, BA, Direktur Kepatuhan Bank Kalbar, Selasa (9/9/2024).

"Pengakuan ini menjadi bukti komitmen Bank Kalbar dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Barat," kata Yuni Hegarwati.

Usai menerima penghargaan, Al Amin mengungkapkan, bahwa ini merupakan kali pertama Bank Kalbar berpartisipasi dalam ajang penghargaan yang diselenggarakan Majalah Peluang.

"Kami sering memperoleh penghargaan dari berbagai lembaga, namun ini adalah yang pertama kami dapatkan dari Majalah Peluang. Kami sangat menghargai pengakuan ini," kata Amin.

Pada kesempatan itu Amin menegaskan, bahwa Bank Kalbar selama ini menekankan fokus utama pada segmen UMKM.

"Core bisnis kami memang di UMKM. Jadi ini sudah menjadi bagian dari rencana bisnis kami, serta sejalan dengan visi dan misi Bank Kalbar," ujarnya.

Dengan diraihnya penghargaan ini, Bank Kalbar menyatakan komitmennya akan terus mendorong pertumbuhan UMKM.

Khususnya di wilayah Kalimantan Barat, agar UMKM dapat berkembang dan melangkah bersama Bank Kalbar.

"Penghargaan ini juga mempertegas peran Bank Kalbar sebagai mitra utama bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha melalui akses layanan perbankan yang prima dan berkelanjutan," tutur Amin.

Bank dengan tagline Bank Kite Punye Kite ini, diketahui memiliki kinerja yang kinclong, hal ini diakui dengan terus mengalirnya perolehan penghargaan dari berbagai lembaga.

Penghargaan-penghargaan yang telah ditorehkan Bank Kalbar di antaranya meraih 20 prestasi, berupa penghargaan Top BUMD Award 2022.

TOP CEO BUMD untuk Dirut H Rokidi dan Top Pembina BUMD 2023. Ada juga penghargaan excellent for Financial Performance During serta Penghargaan Top CSR Award.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar