Dosen Poltesa Latih PKK Desa Mekar Jaya Bikin Sabun dari Kulit Nanas, Harap Jadi Produk Bernilai Ekonomi

17 September 2024 14:05 WIB
Kelompok PKK Desa Mekar Jaya, foto bersama usai mengikuti pelatihan membuat sabun berbahan kulit nanas, Senin (16/9/2024). Pelatihan ini diberikan oleh dosen Poltesa. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Dosen Prodi Agroindustri Pangan Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) gelar pelatihan pembuatan sabun cuci piring cair berbahan dasar limbah kulit nanas, di Desa Mekar Jaya, Senin (16/9/2024). 

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh 30 ibu-ibu PKK dan mahasiswa Prodi Agroindustri Pangan. 

Dosen Poltesa Angga Tritisari menyampaikan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan terhadap pemanfaatan limbah organik kepada masyarakat, khususnya kulit nanas, sebagai bahan dasar alternatif dalam pembuatan sabun cuci piring cair.

"Dengan mengolah limbah menjadi produk bernilai ekonomi, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat serta mendukung upaya pelestarian lingkungan," harapnya. 

Lanjut dia, pentingnya inovasi dalam memanfaatkan sumber daya lokal yang sebelumnya tidak dianggap bernilai untuk dijadikan sebagai produk yang bernilai ekonomi tinggi. 

Pelatihan ini diharapkan menjadi awal bagi masyarakat mengembangkan kreativitasnya mengolah bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan supaya bisa bernilai ekonomi. 

"Dengan adanya kolaborasi antara lembaga pendidikan dan masyarakat, Desa Mekar Jaya diharapkan mampu menjadi contoh desa yang mandiri dan inovatif dalam memanfaatkan sumber daya lokal yang berlimpah," pungkasnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar