Pj Bupati Kabupaten Sanggau Suherman: Penurunan Stunting Terkendala SDM

10 Juli 2024 12:40 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Suherman, Pj. Bupati Kabupaten Sanggau

SANGGAU, insidepontianak.com -- Penurunan angka stunting masih jadi prioritas utama pemerintah pusat maupun daerah. 

Namun persoalan sumber daya manusia (SDM) kesehatan masih jadi salah satu kendala bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau untuk melakukan percepatan.

Pj Bupati Kabupaten Sanggau Suherman mengungkapkan bahwa angka stunting di Kabupaten Sanggau masih di angka 22 persen. 

Target tahun 2024, angka stunting mampu diturunkan hingga 20 persen.

Suherman mengakui bahwa target penurunan stunting di Kabupaten Sanggau tak sesuai dengan target pemerintah pusat yaitu penurunan hingga angka 14 persen.

"Tapi kita juga harus realistis, Kabupaten Sanggau melihat ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga untuk 2024 kita menargetkan diangka 20 persen," ujar Suherman belum lama ini.

Suherman, mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi Pemkab Sanggau dalam percepatan penanganan stunting.  Salah satunya adalah soal SDM kesehatan.

"Nah ada beberapa kendala yang kita alami, ya misalnya kendala kekurangan tenaga nutrisionis, kemudian tenaga penyuluh KB yang mestinya harus kita penuhi dulu," kata Suherman.

Karena itu, Pemkab Sanggau memilih realistis dalam menetapkan target penurunan angka stunting di tahun 2024, yang tak sama dengan target pemerintah pusat.

"Kita realistis begitu, tidak mau juga kita mengejar target, yang sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah tapi sebetulnya kita tidak bisa mencapainya," pungkasnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment