Yeremias: Kerjasama Lintas OPD Diperkuat Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Sanggau

16 Juli 2024 17:45 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Yeremias Marselinus, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Anggota DPRD Sanggau, Yeremias Marselinus berharap ada penguatan kerjasama lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Sanggau.

Hal tersebut disampaikan, setelah mendengar hasil monitoring dan evaluasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang menyoroti masih kurangnya peran lintas OPD dalam mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sanggau. 

Untuk itu, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu meminta Pejabat (Pj.) Bupati Kabupaten Sanggau untuk memberikan teguran kepada OPD yang belum maksimal mengambil peran.

"Saya berharap ada tindakan dari pejabat Bupati Sanggau untuk menyampaikan kepada seluruh OPD," ujar Yeremias Marselinus saat diwawancarai pada (16/7/2024).

"Saya kira Pj Bupati berhak memberikan tegur kepada instansi yang tidak ikut berperan," imbuhnya tegas.

Menurutnya, kerjasama lintas OPD ini sangat penting diperkuat. Karena, setiap instansi pemerintah pada dasarnya telah memiliki tanggung jawab dalam penanganan stunting.

Dalam penanganan stunting, dikenal ada dua jenis intervensi yaitu sensitif dan spesifik. Intervensi spesifik merupakan tanggung jawab sektor kesehatan sedang sensitif jadi porsi bagi di luar sektor kesehatan.

Jika tidak ada kerjasama yang kuat, Yeremias mengaku pesimis dengan target penurunan angka stunting 20 persen di Kabupaten Sanggau pada tahun 2024.

"Tapi kalau tidak bahu membahu target 20 persen itu akan jauh (dari kenyataan) lah saya kira," pungkasnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment