Peduli Kesehatan Masyarakat Air Upas, CMI Gelar Pengobatan Gratis Bersama Puskesmas

7 Desember 2022 12:39 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - PT Cita Mineral Investindo Tbk atau PT CMI melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk masyarakat di Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Puskesmas, Pemerintah Desa Air Upas dan Banda Sari Kecamatan Air Upas.

Kegiatan digelar selama 2 hari ini, yakni Kamis dan Minggu 4 Desember 2022, di Ruang Kelas SDN 03 Air Upas dan Aula Desa Banda Sari Kecamatan Air Upas, dengan sasaran lansia, anak-anak, ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga: UMK Sanggau 2023 Disepakati Rp2,7 Juta, APINDO Nilai Salahi Aturan

Aktivitas yang dilakukan diantaranya pengecekan kesehatan seperti kolesterol, asam urat, gula dan beberapa indikator penyakit lainnya. Sehingga pascapengecekan akan diberikan rekomendasi pengobatan dari tenaga kesehatan (dokter) yang berada di lokasi.

Sebanyak 206 masyarakat yang mengikuti pemeriksaan, masyarakat didominasi dengan penyakit kolesterol 25 persen, darah tinggi 21 persen asam urat 20 persen, maag 11 persen, ISPA 10 persen, diabetes 4 persen, diare 1 persen, dan penyakit kulit 1 persen. Sedangkan masyakarat yang dinyatakan sehat dari hasil medical checkup sebanyak 7 persen.

Baca Juga: Tes Fokus: Ada Penyusup! Lihat, Ada Banyak Kawanan Beruang tapi Ada Satu yang Bukan. Temukan Hewan Apakah Itu

Turut hadir Manager CSR, Agustinus Mulyatmojo, dokter dari Klinik CMI, Dr. Sani, Kepala Desa Banda Sari, Bruno Babo, Kepala Desa Air Upas, Sembiring, Dokter Puskesmas Kecamatan Air Upas, Dr. Faisal dan Bidan Lini, serta beberapa tokoh masyarakat yang ada di Desa Air Upas dan Banda Sari.

Manager CSR CMI Site Air Upas, Agustinus Mulyatmojo mengatakan, bahwa CMI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa secara berkala pada tahun 2023 nanti.

Melalui kegiatan ini, ia berharap akan memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya kesehatan, sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab social perusahaan (Corporate Social Responsibility) kepada masyarakat sekitar wilayah operasional.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Apa Pertama Kali Kamu Lihat? Jawab dan Kamu akan Tahu Apakah Kamu Orang yang Terstruktur

“Kegiatan CSR-PPM (Program Pengembangan Masyrakat) Bidang Kesehatan ini dalam rangka bersinergi dengan Puskesmas Kecamatan Air Upas dalam mengupayakan dan mendorong kesehatan menyeluruh bagi warga,” ujarnya, Senin (05/12/2022).

Sementara itu, Kepala Desa Banda Sari, Bruno Babo mengucapkan terima kasih kepada CMI atas terlaksananya kegiatan CSR Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di Desa Banda Sari.

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut masyarakat menjadi sadar akan kesehatan dan mengetahui kondisi kesehatan dan penyakit yang saat ini diderita serta upaya untuk pengobatannya.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Cara Kamu Menyilangkan Tangan akan Menonjolkan Aspek Karakter Kamu Selama Ini

“Kami sangat berterima kasih kepada CMI atas terselenggaranya kegiatan positif ini, sehingga masyarakat mengetahui kondisi kesehatannya. Serta berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan,” ujarnya.

Selanjutnya perusahaan akan menyasar ke daerah-daerah yang masih kurang akses kesehatan seperti lumpak, pemintuan dan sekitarnya sehingga manfaat program bisa lebih dirasakan oleh semua warga.***

Tags :

Leave a comment