Hakikat Ramadhan dan Ibadah Puasa Menurut Syekh Al Azhar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi
SINJAI, insidepontianak.com - Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang selalu dinanti oleh seluruh umat Islam di mana pun berada. Sebab pada bulan Ramadhan ini semua orang akan berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan dan membersihkan diri dari segala bentuk kedurjanaan. Selain itu, pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini juga merupakan bulan yang penuh ampunan, sehingga kita harus paham makna Ramadhan yang sesungguhnya. Menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan menjadi aktivitas utama pada bulan yang suci ini, maka dari itu kita perlu memahami rahasia menahan diri dalam berpuasa. Seperti dilansir dari laman Bincang Syariah, berikut ini rahasia menahan diri dalam berpuasa. Banyak orang yang beranggapan bahwa menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai dari makan, minuman, atau pun bersenggamamerupakan suatu perkara yang begitu berat (masyaqah) di dalam ibadah puasa. Namun siapa sangka, ketika ditelisik dengan seksama, justru kepayahan tersebut memiliki beberapa rahasia (sir) atau falsafat yang tiada tara. Rahasia Menahan Diri Puasa Grand Syekh Al Azhar, Syekh Ahmad Tayyib dalam bukunya yang berjudul “Min Dafatiry Al Qadimah” menjelaskan beberapa rahasia atau falsafat yang cukup menarik terkait ibadah puasa, salah satunya perihal falsafah menahan diri (At Tark). Dalam buku tersebut, beliau menjelaskan bahwa kepayahan (masyaqah) yang ada di dalam puasa sebenarnya tidak lepas dari falsafah “At Tark” itu sendiri. Karena ketika kita merenungkan perihal rukun islam,mulai dari membaca syahadat, shalat, zakat, atau pun haji–pasti kita akan temukan bahwa keempat rukun tersebut dibangun atas asas mengerjakan (Al Fi’l) dan meninggalkan (At Tark). Sedangkan puasa, ia hanya berasaskan At Tark saja, yakni meninggalkan hal-hal yang diinginkan oleh nafsu serta dapat membatalkan puasa. Dalam puasa tidak ada sama bentuk (format) ibadah bisa dikerjakan, beda halnya dengan empat rukun islam di atas. Falsafat ketiadaan (Al Adamiyyah) inilah yang menyebabkan eksistensi puasa bersifat rahasia di mata manusia. Selama yang bersangkutan tidak mempublikasikannya. Hanya Allah dan orang yang berpuasa saja yang mengetahuinya. Bahkan sampai-sampai dikatakan bahwa malaikat Hafadzah tidak menulis ganjaran ibadah puasa, sebab ia tidak bisa melihatnya. Oleh sebab itu, puasa merupakan satu-satunya ibadah yang sangat sulit diselubungi sifat riya. Berbeda halnya dengan ibadah-ibadah lainnya yang dapat dengan mudah diselubungi sifat riya, baik dalam skala kecil maupun besar. Selain itu, seluruh amal ibadah mempunyai potensi untuk dinikmati oleh pelakunya kecuali puasa. Sebab dalam puasa tidak ada ruang bagi jiwa-raga manusia untuk merasakan kenikmatannya, bahkan secara tabiat. puasa selamanya akan menimbulkan kepayahan dan kemasyaqahan yang berat bagi pelakunya. Maka tidak heran, jika puasa memiliki keistimewaan tersendiri di hadapan Allah SWT Sebagaimana termaktub dalam Hadits Qudsi yang diriwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah di dalam kitab Shahih Bukhari-Muslim: كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَام، فَإنَّهُ لِي وَأنَا أجْزِي بِهِ “Seluruh amal ibadah anak Adam untuk mereka sendiri kecuali puasa, sesungguhnya puasa untuk-Ku dan Aku sendiri lah yang akan membalasnya”. (HR. Bukhari-Muslim). Dalam menafsiri hadits tersebut, Ulama-ulama Arifin memiliki penafsiran yang cukup menarik, diantaranya: Pertama, tidak membutuhkan (Al Istighna) makan dan minum merupakan salah satu dari sebagian sifat Allah Swt. Oleh Kerena itu, ketika berpuasa seakan-akan manusia menyembah Allah dengan salah satu dari sebagian sifat-Nya dan ia berusaha untuk bertingkah laku (Takhalluq) seperti tingkah laku-Nya Allah Swt. Kedua, puasa tidak bisa dijadikan sarana ibadah terhadap selain Allah, seperti halnya orang-orang kafir yang tidak pernah mengagungkan berhala-berhala mereka melalui sarana puasa. Ketiga, ketika hari kiamat kelak, seluruh amal ibadah manusia dapat berkurang dan ganjarannya diberikan terhadap orang yang pernah ia alami, kecuali puasa. Ganjarannya tidak akan berkurang sama sekali, walaupun ia memiliki hak adami (dosa terhadap sesama manusia) atau pernah berbuat zalim terhadap orang lain. Demikianlah penjelasan tentang rahasia falsafat menahan diri (At Tark) dalam puasa yang dikemukan oleh Grand Syekh Al Azhar Syekh Ahmad Tayyib di dalam bukunya. Semoga bermanfaat. (Zumardi IP)

Leave a comment