Jenis Gigi Palsu, dari Lepasan hingga Permanen

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Gigi lepas adalah kondisi yang tidak menyenangkan, penampilan rusak dan aktivitas mulut terganggu. Solusi terbaik adalah memasang gigi palsu, baik yang lepasan maupun yang permanen.

Baik gigi palsu lepasan maupun permanen memiliki plus dan minus masing-masing. Namun yang jelas, alat pengganti itu sangat membantu Anda dalam urusan gaya maupun kesehatan.

Dan pemasangan gigi palsu, baik yangg lepasan atau permanen, kini bukan lagi aib. Dia bahkan sudah seperti kebutuhan bagi yang mengalami ompong alias gigi copot.

Melansir damessa.id, Jumat (17/11/2023), pemasangan gigi palsu bukan hanya sekedar penunjang penampilan semata, melainkan juga berfungsi untuk pengoptimalan aktivitas dalam mulut.

Nah, dilihat berdasarkan jumlahnya, ada dua jenis gigi palsu. Pertama, gigi palsu lengkap. Artinya, pemasangan gigi tiruan dengan tujuan untuk mengganti semua gigi yang hilang, baik gigi atas maupun bawah.

Jenis gigi tiruan ini biasanya digunakan oleh para lansia yang tidak memiliki gigi sama sekali.

Kedua, gigi palsu sebagian. Ya, sesuai namanya, gigi palsu sebagian yaitu gigi palsu yang biasanya digunakan untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang.

Gigi palsu sebagian umumnya terbuat dari material plastik, nilon, atau pelat logam dengan sejumlah gigi palsu yang melekat.

Sementara berdasarkan sifatnya, jenis gigi palsu terbagi menjadi dua, yakni:

  1. Gigi palsu lepasan

Gigi palsu lepasan kadang disebut sebagai gigi palsu lepas pasang. Gigi palsu lepasan merupakan gigi tiruan yang mudah dilepas dan dipasang sendiri oleh penggunanya.

Biasanya pengguna gigi palsu ini melepas gigi palsunya sebelum tidur untuk disikat dan mereka akan memakai kembali esok paginya.

Gigi palsu lepasan bisa berupa gigi tiruan penuh atau hanya sebagian. Secara umum, ada tiga jenis bahan gigi palsu lepasan, yaitu akrilik, valplast, dan frame (kerangka logam).

Dapat dikatakan gigi palsu lepasan berbahan akrilik paling murah dibanding jenis bahan lainnya. Jika Anda menggunakan gigi palsu berbahan ini, ada kawat yang dikaitkan ke gigi sebagai pegangannya.

Berbeda dengan bahan akrilik, gigi palsu berbahan valplast umumnya tidak menggunakan kawat untuk alasan estetika. Maka, bahan valplast bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Sedangkan gigi tiruan frame dapat dikatakan paling unggul di antara gigi palsu lepasan lainnya. Hal ini karena dia terbuat dari logam dan dibuat sangat tipis sehingga nyaman digunakan.

Pun, gigi palsu ini relatif lebih stabil saat berbicara maupun saat mengunyah makanan.

  1. Gigi palsu permanen

Gigi palsu permanen tidak bisa dilepas karena pada pemasangannya direkatkan menggunakan semen gigi. Sejauh ini ada 3 macam gigi palsu permanen yang sudah dikenal yaitu implant, crown, dan bridge.

Sebagai informasi tambahan, jenis gigi tiruan yang paling sering digunakan untuk menggantikan gigi geraham adalah crown berbahan PFM.

Sementara itu, untuk membuat tiruan gigi depan, digunakan all porcelain dan ceramic karena mempertimbangkan nilai estetik dan kekuatan menahan kunyahan.

Secara umum, ada tiga macam gigi palsu permanen yang cukup dikenal di masyarakat. Pertama adalah implant gigi, yakni pemasangan implan gigi dilakukan dengan menanam gigi palsu permanen ke gusi.

Prosesnya dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tahap pertama implant dan tahap kedua crown dan abutment. Diperlukan waktu minimal 1,5 bulan untuk memasang tahap kedua. Kelebihan gigi palsu ini adalah tampilannya yang seperti gigi asli.

Yang kedua adalah crown, gigi palsu berbahan crown bisa menjadi alternatif bagi orang dengan gigi keropos. Itu karena crown bisa dipasang untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak akibat keropos, berlubang, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa crown hanya mengganti mahkota gigi sehingga akar giginya harus tetap ada.

Lalu yang ketiga adalah gigi palsu bridge, diperuntukkan bagi orang yang kehilangan satu gigi atau lebih. Gigi palsu berbahan bridge biasanya dipasang dan disangga oleh gigi-gigi di sebelahnya.

Oleh karena itu, gigi-gigi tersebut perlu diperkecil dan di-crown.

Demikian soal jenis-jenis gigi palsu yang bisa menjadi solusi ketika Anda ompong, baik untuk penampilan juga kesehatan. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment