Desa Podorukun Kayong Utara Juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi, Wakili Kalbar ke Nasional

21 Juni 2024 14:43 WIB
Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara meraih juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2024.

KAYONG UTARA, insidepontianak.com -  Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara meraih juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2024.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan pada acara puncak pemaparan kepala desa dan lurah bertempat di Balai Petitih, Kota Pontianak,  Kamis, (20/6/2024).

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) Kabupaten Kayong Utara, Nendar Soeheri mengapresiasi capaian yang diraih Desa Podorukun. 

Menurut Nendar, pencapaian ini tidak terlepas dukungan pimpinan Penjabat Bupati Kayong Utara dan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara pada saat evaluasi dan klarifikasi lapangan yang dilakukan di Desa Podorukun beberapa waktu lalu, yakni memberikan motivasi langsung kepada  Kepala Desa untuk lebih maksimal sehingga menoreh prestasi.

"Prestasi ini berkat dukungan pimpinan melalui Pj. Bupati dan Pj. Sekda dengan mendampingi tim pada saat klarifikasi dan ini berkat kerja keras Pemerintahan Desa Podorukun dalam mempersiapkan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun ini," tutur Nendar, Jumat (21/6/2024).

Lebih lanjut, Nendar berpesan kepada Kepala Desa Podorukun agar mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat nasional nanti.

"Saya ucapkan selamat atas prestasi yang di raih Desa Podorukun. Semoga pencapaian ini dapat dipertahankan. Dan jangan puas sampai disini karena akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat di tingkat nasional, " pesannya. 

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik dari Kecamatan, TP-PKK Kecamatan, TP-PKK Kabupaten hingga OPD yang telah melakukan pendampingan dari persiapan hingga penilaian lomba desa. 

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas SP3APMD Kabupaten Kayong Utara, Irwan menjelaskan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2024 dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2024 dengan tema "Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan Yang Berkualitas".

Sementara ketentuan, persyaratan dan mekanisme lomba mempedomani Petunjuk Pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024 yang dikeluarkan oleh Kemendagri.

Indikator penilaian lomba desa ini mulai dari aspek penyelenggaraan pemerintahan desa, tata keuangan desa, pelayanan kesehatan, hingga inovasi terhadap penyelenggaraan.

"Untuk pembinaan kita laksanakan dari awal tahun 2023, dimulai dari proses evaluasi mandiri melalui aplikasi EPDESKEL, pengisian data di aplikasi profil desa, sampai ke tahapan saat ini. Insyaallah nanti Kayong Utara akan mewakili Provinsi Kalbar dalam lomba desa tingkat nasional yang diperkirakan dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2024 mendatang," jelas Irwan. 

Kedepannya, ia berharap Desa Podorukun dapat memberikan hasil yang maksimal untuk Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kayong Utara pada ajang lomba desa tingkat nasional tahun ini. 

"Harapan yang terbaik lah untuk Kabupaten Kayong Utara dan Provinsi Kalbar," tutupnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar