Desa Podorukun Kayong Utara Masuk Nominasi 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Regional

21 Agustus 2024 14:27 WIB
Kabid Pemerintah Desa SP3APMD Kabupaten Kayong Utara, Irwan (kedua dari kiri) saat menghadiri acara puncak pemaparan kepala desa dan lurah lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di Balai Petitih, Kota Pontianak, Kamis, 20 Juni 2024 lalu.

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Desa Podorukun Kabupaten Kayong Utara lolos tahap administrasi dan masuk nominasi lima besar desa terbaik tingkat regional wilayah III usai dinobatkan sebagai pemenang lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat  (Kalbar) Tahun 2024 pada Juni lalu dan mewakili Kalbar ke tingkat nasional, .

Hasil tersebut tertuang dalam surat pengumuman Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia,  Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Nomor: 1878/peng/DIT.V/VIII/2024 Tentang Penetapan Hasil Penilaian Administrasi Penjaringan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Regional Tahun 2024 Tanggal 16 Agustus 2024.

Berdasarkan surat pengumuman itu, Desa Podorukun menjadi peserta yang lolos ke tahap klarifikasi lapangan yang nantinya akan dikunjungi langsung oleh tim penilai dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) Kabupaten Kayong Utara, Nendar Soeheri melalui Kepala Bidang Pemerintah Desa, Irwan menyampaikan bahwa penilaian tersebut akan dilaksanakan di Desa Podorukun, Kecamatan Seponti sekitar tanggal 2 September 2024 mendatang. 

"Dijadwalkan (peniliaan klarifikasi lapangan lomba desa tingkat regional wilayah III, red) tanggal 2 September 2024 ke desa Podorukun," kata Irwan, Selasa (20/8/2024). 

Dalam rangka mensukseskan dan bentuk dukungan, lanjut Irwan, langkah pertama yang dilakukan Pemerintah Daerah Kayong Utara setelah diumumkan Desa Podorukun lolos tahap klarifikasi lapangan adalah dengan melakukan rapat awal persiapan pelaksanaan klarifikasi lapangan yang mengundang OPD terkait, Camat Seponti, TP-PKK Kabupaten dan Kecamatan, Kades dan BPD serta Ketua TP-PKK Desa Podorukun.

"Hal ini dimaksudkan untuk melakukan perencanaan apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi klarifikasi lapangan nanti, selain itu juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar terus dapat melakukan pendampingan dan pembinaan ke Desa Podorukun agar desa Podorukun dapat memperoleh hasil yang memuaskan sehingga dapat lolos ke tahap berikutnya," paparnya.

Irwan berharap Desa Podorukun bisa meraih prestasi yang dapat membanggakan Kabupaten Kayong Utara, terlebih potensi yang menjadi andalan desa ini adalah Kopi Liberika sebagaimana telah sering mendapatkan penghargaan sebagai kopi terbaik.

"Sekarang Desa Podorukun mencoba mengambangkan kembali tanaman Kopi Liberika dengan memanfaatkan tanah kas desa untuk menanam pohon Kopi Liberika yang nantinya diharapkan dapat menghasilkan Kopi Liberika yang dapat memenuhi permintaan pasar baik dari dalam maupun luar negeri," harap Irwan.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Podorukun, Muhklas memberikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung dan terlibat langsung dari awal persiapan hingga akhir penilaian. 

"Kami ucapkan terimakasih selain ke Pemkab Kayong Utara, pastinya juga ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat soalnya sudah tingkat nasional ini, Pemerintah Provinsi juga banyak andil dalam membantu penilaian administrasi," ungkapnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar