Buka Pelatihan SIKS-NG, Wabup Farhan Harap Desa dan Kelurahan Bisa Sajikan Data Faktual

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Wakil Bupati Ketapang Farhan membuka kegiatan pelatihan SIKS-NG bagi petugas kelurahan/kesa, di Hotel Grand Zuri Ketapang, Selasa (7/3/2023).

SIKS-NG sendiri merupakan sistem informasi kesejahteraan sosial next generation. Keluaran SIKS-NG merupakan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Di mana, DTKS ini menjadi dasar dalam mengambil kebijakan untuk penyaluran bantuan sosial dari pemerintah. Supaya penerima bansos tepat sasaran dan terdata dengan baik.

"Kita adalah orang-orang tepilih, tetapi kita terpilih tidak hanya sebuah legacy, tapi kita mempunyai tanggung jawab kepada masyarakat," ujar Farhan saat memberikan sambutannya.

Lebih lanjut, ia berharap agar pihak desa dan kelurahan, senantiasa melakukan pemutakhiran data setiap bulan. Pemutakhiran diperlukan untuk verifikasi faktual kondisi lapangan yang dituangkan dalam bentuk berita acara hasil musyawarah tingkat Desa.

Selanjutnya, ia juga berpesan agar para operator serius dalam mengikuti pelatihan ini, sehingga nantinya tidak ditemukan kendala dalam proses penyampaian usulan melalui SIKS-NG.

"Kepada seluruh operator ketika usulan dan verifikasi DTKS dilakukan melalui sistem informasi, sehingga histori usulan dapat mudah untuk dilacak atau diketahui," ujarnya.

"Saya juga berpesan, agar para operator dapat lebih cermat dalam melakukan usulan," sambungnya.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar