Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman Dorong Peran Ormas dalam Pembangunan Daerah

19 Juli 2024 07:50 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Tantangan terbesar dalam mengelola ormas atau organisasi kemasyarakatan adalah mengarahkan keberadaannya agar bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. 

“Karena itu, pemerintah daerah melalui Badan Kesbangpol melaksanakan rakor ini setiap tahunnya sebagai upaya peningkatan pengetahuan agar ormas dapat berpartisipasi secara maksimal,” ungkap Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman saat membuka Rapat Koordinasi Peningkatan Partisipasi Ormas dalam Mendukung Program Pemerintah di Hotel Harmony Inn, Sungai Raya. 

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman menilai rakor tersebut sangat penting untuk mendorong ormas agar dapat mengambil peran positif dalam pembangunan bangsa dan negara.

Meskipun kebebasan untuk berserikat dan menyatakan pendapat adalah hak fundamental yang dijamin konstitusi, pemerintah tetap perlu melakukan pengawalan agar tumbuh kembangnya ormas yang masif.

"Juga dapat mengambil peran positif dalam pembangunan bangsa dan negara,” kata Kamaruzaman.

Partisipasi ormas dalam pembangunan, lanjut Kamaruzaman, termuat dalam Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Dari undang-undang tersebut, tampak bahwa ormas punya kedudukan dan peranan yang sangat penting bagi pembangunan bangsa dan negara. 

“Rakor ini memberikan manfaat bagi pemerintah berupa adanya masukan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan terkait pembinaan dan pemberdayaan ormas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Adapun bagi ormas, sambungnya, dapat memaksimalkan fungsi-fungsinya yang berkaitan dengan partisipasi dan pelaksanaan visi misinya seiring dengan tujuan hidup bangsa Indonesia kepada masyarakat.

“Dan bagi masyarakat juga dapat berpikir terbuka mengenai manfaat dan fungsi ormas sebagai penyalur aspirasi masyarakat,” tambahnya. 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kubu Raya menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Partisipasi Ormas dalam Mendukung Program Pemerintah di Hotel Harmony Inn, Sungai Raya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar