KPK Periksa Dua Saksi Dalami Aliran Uang Kasus AKBP Bambang Kayun

25 November 2022 21:03 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi dua saksi soal dugaan adanya aliran uang terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi AKBP Bambang Kayun Bagus P.S.

Dua saksi masing-masing pihak swasta Boy Prayana Sidhi dan Farhan selaku wiraswasta/dari CV Sofi Tani Mandiri.

"Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya, antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran sejumlah uang yang diterima oleh pihak yang terkait dengan perkara ini," ucap Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

KPK memeriksa keduanya di Gedung Polda Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (24/11), dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait dengan pemalsuan surat dalam perkara perebutan hak ahli waris PT Aria Citra Mulia (ACM).

Baca Juga: 23 Siswi SMP di Batang Dicabuli, Kejari Periksa Tersangka

Dalam kasus itu, Bambang diduga menerima uang miliaran rupiah dan kendaraan mewah.

Sebelumnya, KPK telah membenarkan sedang menyidik kasus dugaan suap dan gratifikasi tersebut.

"Adapun pihak yang menjadi tersangka salah satunya benar pejabat di Divisi Hukum Kepolisian RI saat itu dan juga dari pihak swasta," kata Ali dalam keterangannya pada Rabu (23/11).

KPK secara resmi akan menyampaikan identitas pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, kronologi dugaan perbuatan pidana, dan pasal yang disangkakan setelah proses penyidikan dinyatakan cukup.

Sementara itu, terkait penetapan sebagai tersangka oleh KPK, Bambang telah mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Dikutip dari laman http://sipp.pn-jakartaselatan.go.id, Bambang mendaftarkan permohonan praperadilan pada Senin (21/11) dengan klasifikasi perkara sah atau tidak tidaknya penetapan tersangka. Permohonan praperadilan itu terdaftar dengan nomor perkara 108/Pid.Pra/2022/PN JKT.SEL. Adapun sidang perdana dijadwalkan pada Senin (5/12).

Merespons pengajuan praperadilan tersebut, KPK menegaskan memiliki alat bukti yang cukup dalam menetapkan Bambang sebagai tersangka.

Baca Juga: Prihatin terhadap Korban Gempa Cianjur, Alumni Akpol 1996 Gotong Royong Berikan Bantuan

Tags :

Leave a comment