Tiga Penjual Roti Mantau di Balikpapan: Biasa Jadi Buruan Wisatawan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontinak.com - Mantau, sebuah roti yang kemudian menjadi oleh-oleh khas Balikpapan ternyata bisa dikatakan berasal dari China. Makanan ini tidak sekadar kue, dia bahkan bisa menjadi makanan berat.

Ya, dalam praktiknya mantau sering dijadikan makanan seperti sandwich alias roti lapis. Makanan khas Balikpapan ini menjadi khas karena dimakan dengan daging atau kepiting.

Mantau Balikpapan sejatinya mirip dengan kuliner khas Negeri Tirai Bambu lainnya yakni bakpao. Namun, roti ini secara nyata memiliki perbedaan, terutama pada letak isinya.

Melansir bake.co.id, Senin (16/10/2023), bakpao memiliki berbagai isian di dalamnya seperti daging, kacang, cokelat, atau keju. Sedangkan mantau tidak memiliki isian sama sekali, hanya roti polos.

Perbedaan lainnya adalah cara penyajian. Bakpao biasanya disajikan dengan cara dikukus, sedangkan mantau dapat disajikan baik dengan cara dikukus maupun digoreng.

Selain itu, tekstur kedua roti ini juga berbeda. Mantau memiliki tekstur lebih padat, kenyal, dan elastis daripada bakpao. Mantau juga biasanya berbentuk bulat sementara bakpao berbentuk seperti kelopak bunga teratai yang mekar.

Seiring waktu, keberadaan mantau di Balikpapan semakin mendapat tempat. Bahkan, roti ini dijadikan semacam makanan khas yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Bagi Anda yang berada di Balikpapan atau akan ke Balikpapan, tiga tempat ini bisa menjadi pilihan untuk membeli mantau. Berikut daftarnya:

  1. Blue Sky Mantau
    Gerai atau kedai Mantau Blue Sky terbilang sudah lama. Dia sudah berdiri sejak tahun 1987 di Balikpapan. Gerai ini terkenal dengan rasa mantau yang lezat dan ada pula varian mantau mangkuk.

Di Balikpapan, Anda bisa menemukan Mantau Blue Sky di Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Terminal Keberangkata, atau di Hotel Blue Sky Balikpapan.

Juga bisa di De Café Resto & Delicatessen yang terletak di Ruko Bandar Blok A No 11, Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kalimantan Timur. Mantau Blue Sky pun tersedia di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya.

  1. Mantau Fya
    Gerai ini berada di Ruko Maple B-1 Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur, tepatnya di kompleks Borneo Paradiso. Kedai ini dikelola sejak 2017 oleh pasangan suami isteri, Yusfiq Rafiqi dan Erny Rufiaty.

Awalnya mantau yang diproduksi berupa mantau original putih beserta pelengkapnya berupa cocolan daging sapi lada hitam yang dikemas terpisah. Belakangan muncul mantau berwarna-warni seperti pelangi.

  1. Pondok Mantau
    Toko ini berada di Jalan Ahmad Yani No. 28, tepatnya di Gunungsari Ilir, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kaltim.

Tidak itu saja, Pondok Mantau juga berada di Ruko Gunung Pasir dan Ruko Grand City Balikpapan. Di Pondok Mantau tersedia cocolan seperti jamur lada hitam, capit kepiting lada hitam, ayam lada hitam, dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, di Balikpapan, mantau biasanya dikonsumsi sebagai salah satu menu sarapan atau makan siang mapun sore. Roti mantau sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dulu keberadaannya kurang dikenal wisatawan.

Kini mantau perlahan kian meroket namanya dan sering dijadikan buah tangan. Demikian soal makanan khas Balikpapan ini. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment