Tanda Mulai Dibuka, Pj Walikota Ani Sofian Lintasi Duplikasi JK I

21 Maret 2024 17:15 WIB
Operasional penggunaan Duplikasi Jembatan Kapuas I resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sesaat setelah diresmikan Presiden RI Joko Widodo, operasional penggunaan Duplikasi Jembatan Kapuas I resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian. 

Di tengah hujan deras, kendaraan sepeda motor dan mobil mengiringi mobil KB 1 A yang ditumpangi Pj Wali Kota, menandai mulai difungsikannya jembatan yang sangat dinantikan masyarakat.

“Operasional baru dibuka setelah pukul empat sore, masyarakat boleh menggunakannya, kemudian tentang tata lalu lintas akan kami sampaikan melalui surat edaran,” terangnya, usai membuka operasional penggunaan DJK I, Kamis (21/3/2024).

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 18 Tahun 2024 tentang Operasional Jembatan Kapuas I dan Duplikasi Jembatan Kapuas I, diatur dua hal. Pertama adalah penyesuaian siklus Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

“Dikarenakan tingginya volume kendaraan roda dua, tiga dan empat yang melintas di pagi dan sore hari untuk mencegah terjadinya antrean di simpang Jalan Tanjung Raya dan akan berdampak pada Simpang Yarsi,” jelasnya.

Kemudian untuk jenis kendaraan yang dilarang melewati DJK I adalah kendaraan angkutan barang dan bus, kecuali kendaraan jenis pick up tanpa muatan.

Sedangkan kendaraan yang digunakan untuk pengerahan atau pelatihan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atau kepentingan lain berdasarkan kepentingan Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda), tetap dapat melewati DJK I.

“Mari kita taati aturan ini demi kepentingan bersama, kemudahan dan kelancaraan untuk sesama warga,” urainya.

Untuk tahun 2025, Pemerintah Pusat berencana melakukan penataan lalu lintas dengan melebarkan jalan dan menata median jalan. Kemudian jalan penghubung dari DJK I sampai Jembatan Landak.

“Sudah ada kajian untuk menata lalu lintas, sehingga kemacetan akan terurai,” cetusnya.

Kehadiran DJK I ini juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian, tidak hanya bagi Kota Pontianak, tetapi juga bagi daerah-daerah lain di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). 

Ani berharap, setelah beroperasinya DJK I ini, kemacetan dapat terurai dan masyarakat Kota Pontianak bisa beraktivitas tanpa gangguan di jalanan.

“Kemacetan akan terurai, tetapi harus dilakukan dengan pengaturan lalu lintas ke depan agar benar-benar keluar total dari kemacetan,” tutupnya. ***

Leave a comment