Diseret di Pusaran Proyek RS Sandai, Divisi Hukum Calon Bupati Farhan dan Wakilnya Leonardus Rantan Lakukan Klarifikasi

21 Oktober 2024 11:40 WIB
Advokat Dion Gibran anggota dari Divisi Hukum Pemenang Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Farhan - Leonardus Rantan lakukan konferensi pers guna mengklarifikasi pemberitaan terkait RS Sandai yang menyeret nama Leonardus Rantan sebagai Calon Wakil Bupati Ketapang

KETAPANG, insidepontianak.com - Advokat Dion Gibran anggota dari Divisi Hukum Pemenang Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Farhan - Leonardus Rantan angkat bicara terkait pemberitaan yang diduga menyeret nama Calon Wakil Bupati Ketapang Leonardus Rantan dalam pusaran proyek pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang.

Ia melanjutkan, penggiringan opini melalui media di momen Pilkada bukan hal yang mengejutkan bagi dirinya. Terlebih, isu ini kembali mencuat mendekati hari pencoblosan.  Ia pun tak terlalu mengubris, namun isu liar tersebut perlu diluruskan.

"Kami tidak menyikapi ini hal yang serius. Masyarakat kita sekarang sudah cerdas, tidak mungkin menelan secara mentah - mentah informasi ini," ungkap Dion Gibran saat mengelar jumpa pers di sebuah cafe di Ketapang, Jumat (18/10/2024) malam.  

Kendati demikian, pihaknya tetap menyanyangkan pemberitaan di sejumlah media yang terkesan memaksakan opini dan asumsi seolah-olah calon wakil bupati Leonardus Rantan terlibat. Padahal kasus tersebut telah lama ditangani Aparat Penegak Hukum (APH). 

"Ini berita yang tidak berimbang dan cenderung tendensius tanpa dasar pembuktian, beliau (Leonardus Rantan) menyampaikan beliau tidak ada kaitannya dalam pusaran proyek tersebut," tegasnya. 

Pihaknya pun mengingatkan siapapun yang terlibat dalam pemberitaan ini untuk hati-hati dan terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat ketapang. 

"Ketapang sudah  kondusif, kita tidak mau ada keributan. Kita serahkan ke APH, kan sudah ada tersangkanya. Jangan pemberitaan didasarkan pada asumsi tanpa pembuktian," ucapnya. 

Pihaknya berharap media dan insan pers dapat menyajikan berita secara berimbang dan didasarkan pada fakta. Ia juga menghimbau kepada seluruh Paslon untuk menjalankan kontestasi Pilkada Ketapang secara santun dan beretika. 

“Kita ingin politik yang  sehat, mencerdaskan masyarakat bukan sebaliknya," pungkasnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar