Dewan Kalbar Suriansyah Apresiasi Upaya Pemerintah Bantu Perbaikan Jalan Lewat Inpres

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalimantan Barat, Suriansyah menyambut baik kebijakan Presiden membantu perbaikan jalan Kalbar sebesar Rp1,3 triliun lewat Instruksi Presiden atau Inpres.

Suriansyah yakin, kucuran dana dari pusat itu dapat meningkatkan kualitas jalan Kalbar yang kondisinya masih rusak parah. Sebab, jika hanya mengandalkan APBD Kalbar, jumlahnya terbatas.

"Kebijakan Presiden berupa Inpres untuk  perbaikan jalan Kabupaten dan Provinsi kita sangat apresiasi," kata Suriansyah belum lama ini.

Menurut Suriansyah, kondisi jalan di Kalbar memang rusak parah. Belum dapat diperbaiki secara total. Sebabnya karena kemampuan APBD Kalbar yang terbatas.

Akibatnya, kondisi jalan provinsi dan kabupaten relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan  jalan nasional. Bahkan, jalan kabupaten yang luasnya lebih dari 1000 kilometer, kondisinya makin lama makin jelek.

Persoalan itu juga disebabkan karena pemeliharaan jalan yang terjadi lebih rendah dibanding tingkat kerusakan. Sebab, APBD kabupaten pun terbatas.

"Ini karena rendahnya anggaran perbaikan infrastruktur. Walau Kabupaten dan Provinsi sudah berusaha menangani jalan Provinsi dan Kabupaten secara masif. Tapi dana yang tersedia tidak menunjukan jumlah yang cukup," terangnya.

Suriansyah bersyukur, adanya Inpres tersebut. Sebab, APBN juga bertanggung jawab terhadap pemeliharaan jalan.  Ia berharap, adanya Inpres ini membuat masyarakat dapat menikmati infrastruktur yang lebih baik di kemudian hari.

"Dengan demikian, berpengaruh pada biaya produksi dan distribusi barang dan jasa dari pusat produksi ke pusat industri dan ekspor. Sehingga nilai ekspor barang yang dijual dapat dinikmati petani dan produsen lainnya. Dengan begitu, mereka tidak perlu membayar biaya yang lebih tinggi," pungkasnya. (Andi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar