Pj Bupati Sanggau Suherman: Pentingnya Kerjasama Multisektor Penanggulangan Bencana di Daerah

11 Juni 2024 11:39 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Rapat Multisektor Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Sanggau Tahun 2024 pada Selasa (11/6/2024) di Ruang Rapat VIP Sabang Merah Kantor Bupati Sanggau.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Dalam rangka penguatan koordinasi dan keterpaduan penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau inisiasi rapat koordinasi multisektor penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan mengatakan rapat koordinasi (Rakor) ini dimaksudkan sebagai sarana penguatan kelembagaan multisektor dalam penanggulangan bencana.

Budi sapaan akrabnya melanjutkan, kegiatan Rakor kebencanaan bertujuan tercapainya sinergitas antar lembaga dalam penanggulangan bencana. Kemudian, adanya evaluasi, identifikasi tantangan dan hambatan.

"Ketiga adalah internalisasi dan penyelarasan program penanggulangan bencana di Kabupaten Sanggau," ujar Budi Darmawan di Ruang Musyawarah Sabang Merah, Kantor Bupati Sanggau pada Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, Pj Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman mengatakan pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memastikan penaggulangan bencana dilakukan secara terkoordinasi dan menyeluruh untuk memastikan keselamatan masyarakat luas.

"Melindungi masyarakat dari ancaman bencana oleh pemerintah merupakan wujud komitmen hak asasi manusia, bukan semata-mata kewajiban pemerintah," ujar Suherman.

Ia melanjutkan, penanggulangan benacana saat ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama dan seluruh elemen masyarakat.

"Maka harus adaptif dalam upaya mitigasi dan respon untuk menciptakan lingkungan yang aman tangguh terhadap bencana," ucapnya.

Kemudian, Suherman berharap rakor multisektor penanggulangan benacana dapat dijadikan sarana saling bekerjasama. Untuk memastikan penaggulangan bencana di Kabupaten Sanggau dilakukan secara terpadu.

"Artinya, diperlukan koordinasi dan sinergitas yang baik multisektor dalam penanganan kebencanaan yang lebih terarah dan terpadu," pintanya. (ans)


Penulis : Anshar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment