Program PPM Untan Siap Digelar, Harap Bisa Ciptakan Masyarakat Mandiri

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Magister Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak, akan menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat atau PPM.

Program Magister Fisip Untan terdiri dari tiga jurusan. Yaitu, Ilmu Politik, Sosiologi dan Ilmu Administrasi Publik.

Program PPM akan diikuti 110 mahasiswa S2, dan berlangsung pada 3-5 Maret 2023. PPM merupakan implementasi dari kegiatan kuliah kerja mahasiswa atau KKM. Rutin digelar setiap tahunnya.

Ketua PPM DR Martoyo MA mengatakan, salah satu tujuan dari program PPM adalah, memberikan edukasi kepada masyarakat. Supaya bisa lebih mandiri dalam berbagai hal.

"KKM merupakan bukti nyata bahwa kegiatan kampus tidak lepas dari kegiatan di masyarakat," ucap Martoyo.

Adapun tema kegiatan PPM Magister Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahun ini yaitu, "Masyarakat Berdaya Indonesia Maju Tahun Akademik 202/2023".

Martoyo menjelaskan, program PPM nanti dibagi dua. Yaitu, kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik bisa berupa membangun sarana dan  prasarana, membangun jalan, penghijauan, air bersih, atau kegiatan fisik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara kegiatan non fisik meliputi kegiatan sosialisasi terkait berbagai hal. Misal, sosialisasi terkait program kuliah, atau isu-isu edukasi lainnya.

Peserta KKM mulai dari yang berusia muda hingga tua. Ini menjadi bukti bahwa pendidikan itu bersifat long life sepanjang manusia itu hidup.

"Inti pemberdayaan adalah masyarakat yang mandiri," kata Fatmawati, dosen sosiologi Magister Ilmu Sosial Fisip Untan menambahkan.

Supaya program PPM ini berhasil dan bermanfaat, maka harus ada diskusi terlebih dahulu dengan masyarakat, terkait hal yang mereka butuhkan.

Fatmawari berharap, program PPM yang diikuti 110 mahasiswa berjalan lancar. Dan terpenting berkontribusi besar dalam membantu pemerintah mewujudkan masyarakat yang mandiri.***

Leave a comment