Gubernur Sutarmidji Ingin Perusahaan Sawit Sejahterakan Masyarakat

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gubernur Kalbar, Sutarmidji berharap perusahaan sawit di Kalbar benar-benar memberikan kontribusi untuk masyarakat.

Dia ingin, perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalbar benar-benar mampu memberikan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau perusahaan perkebunan mau maju, nyatu (menyatu) dengan masyarakat," kata Gubernur Sutarmidji saat membuka kegiatan seminar sawit bertajuk "Strategi Percepatan Desa Mambangun dan Penguatan Tata Kelola Sawit di Kalbar, yang digelar IPB, di Hotel Golden Tulip Pontianak, Selasa (21/2/2023).

Sutarmidji ingin, di mana ada perkebunan sawit, maka masyarakat yang tinggal di wilayah konsesi pun harus sejahtera.

Selain itu, dia juga meminta perusahaan perkebunan terbuka dalam penyaluran CSR. Jangan sampai, pemerintah kesal dan memeriksa penyaluran CSR.

Karena menurut Sutarmidji, banyak perusahaan sawit di Kalbar yang tidak tergabung dalam organisasi. Kondisi ini mempersulit pemerintah dalam pengawasan terkait kewajiban perusahaan sawit.

"Sehingga, sulit menerapkan kebijakan jika berjalan sendiri-sendiri," katanya.

Walaupun Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau Gapki, sudah ada, tapi kata Sutarmidji , masih bangak pula yang tak mau bergabung ke Gapki.

"Coba dibuat aturan, seluruh perusahaan sawit harus tergabung dalam organisasi. Mau buat satu, dua tiga gak masalah," ucapnya. (Andi)

Leave a comment